Kanker Payudara pada Lelaki, Gejala dan Pengobatannya

Vania Rossa
Kanker Payudara pada Lelaki, Gejala dan Pengobatannya
Ilustrasi kanker payudara lelaki. (Shutterstock)

Kanker payudara juga dapat menyerang lelaki meski angkanya tidak tinggi.

Suara.com - Lelaki yang memiliki kerabat dekat penderita kanker payudara memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker payudara.

Ya, meski anak lelaki tidak mengembangkan payudara seperti halnya anak perempuan selama masa pubertas, mereka masih memiliki sejumlah kecil jaringan payudara di belakang puting, tempat kanker payudara dapat berkembang. Demikian dijelaskan Macmillan Cancer Support, seperti dilansir dari The Independent.

“Sampai masa pubertas, jaringan payudara pada anak lelaki dan perempuan adalah sama. Keduanya memiliki sejumlah kecil jaringan payudara di belakang puting dan areola (area kulit yang lebih gelap di sekitar puting),” kata badan amal tersebut.

"Ini terdiri dari beberapa tabung kecil (saluran) yang dikelilingi oleh jaringan lemak, jaringan ikat, pembuluh darah dan pembuluh limfatik," sambungnya.

Pada Oktober 2018, para peneliti di Klinik Mayo di Florida telah mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan vaksin anti-kanker baru yang diyakini akan mencegah berulangnya jenis kanker payudara yang agresif, dengan harapan memberi manfaat bagi sejumlah perempuan dan lelaki yang terkena dampaknya.

Ilustrasi dada lelaki. (Shutterstock)
Ilustrasi dada lelaki. (Shutterstock)

Jadi, seberapa umum bagi seorang lelaki untuk didiagnosis kanker payudara, tanda-tanda apa yang harus diwaspadai oleh lelaki, dan bagaimana pengobatannya?

Ini semua yang perlu Anda ketahui tentang kanker payudara pada lelaki.

Seberapa umumkah kanker payudara pada lelaki?
Sekitar 390 lelaki didiagnosis menderita kanker payudara setiap tahun di Inggris dibandingkan dengan 54.800 perempuan, demikian menurut Cancer Research UK.

Lelaki berusia antara 60 dan 70 tahun lebih sering didiagnosis dengan penyakit ini.

Selain itu, lelaki yang memiliki kadar estrogen tinggi juga memiliki risiko lebih besar terkena kanker payudara.

Seperti halnya perempuan, jika seorang lelaki memiliki anggota keluarga yang pernah menderita kanker payudara di masa lalu, maka peluangnya untuk terkena kanker payudara akan meningkat.

Sekitar 3 dari 100 kanker payudara yang didiagnosis pada perempuan diperkirakan disebabkan langsung oleh gen kanker yang diwariskan (sekitar tiga persen). Pada lelaki ini mungkin lebih umum terjadi, demikian jelas Cancer Research UK.

Dokter berpikir bahwa antara 10 dan 20 dari setiap 100 kanker payudara yang didiagnosis pada lelaki disebabkan oleh gen kanker yang diwariskan (10 hingga 20 persen).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS