Koma Selama Persalinan, Wanita Ini Sadar Karena Tetap Menyusui!

Dinar Surya Oktarini | Shevinna Putti Anggraeni
Koma Selama Persalinan, Wanita Ini Sadar Karena Tetap Menyusui!
Ilustrasi ibu Menyusui. (Shutterstock)

Seorang wanita berhasil bangun dari koma selama persalian setelah aktif menyusui anaknya.

Suara.com - Seorang wanita pernah melahirkan dalam kondisi koma sebanyak 2 kali dan selau selamat ketika menyusui bayinya. Ia adalah Dr Wong Boh Boi, seorang konsultan laktasi di Singapura yang memiliki pengalaman menginsipirasi di balik karirnya.

Dr Wong Boh Boi pernah melahirkan kedua anaknya dalam keadaan koma, tetapi ia selalu selamat setiap kali menyusui anaknya.

Dahulu Dr Wong adalah seorang perawata dan bidan hingga tahun 80-an sebelum akhirnya menjadi konsultan laktasi.

"Saya melahirkan kedua anak saya dalam kedaaan koma di Rumah Sakit Coventry Inggris. Dua kehamilan saya itu mengalami preeklampsia yang menyebabkan komplikasi pada kedua proses persalinan," katanya dikutip dari Asia One.

Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan tanda-tanda kerusakan pada sistem organ lain, terutama ginjal dan hati.

Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu hamil. (Shutterstock)

Menurut MayoClinic, preeklampsia dapat menyebabkan komplikasi serius dan berakibat fatal pada ibu dan bayi jika tak segera ditangani.

Karena itu Dr Wong harus dibius alias melahirkan kedua anaknya dalam kondisi koma.

"Sebelum melahirkan kedua anak saya di usia kehamilan 34 dan 35 minggu. Saya akan dibius dan menjalani seksio darurat karena berada pada risiko tinggi untuk kesesuai konvensional yang bisa memperumit kedua kehamilan," jelasnya.

Saat itu Dr Wong mengalami koma selama 2 minggu dan dokter tidak tahu berapa lama ia akan koma. Meski begitu, tim medis tetap berusaha merawatnya dalam kondisi koma dan memastikan bayinya mendapat asupan ASI.

"Saya tahu banyak manfaat dari menyusui. Meskipun saya tidak ingat jelas apapun yang terjadi selama koma. Tetapi, saya kagum masih bisa menyusui anak saya dalam kondisi koma berkat bantuan tim medis," jelasnya.

Menurut dokter, menyusui itulah yang mempercepat proses pemulihannya dan membantunya keluar dari kondisi koma. Hla ini terjadi akibat ikatan kuat antara kulit ibu dan bayinya.

Awalnya Dr Wong seolah tak percaya dapat memberi bayinya ASI eksklusif meskipun dalam kondisi koma. Di sisi lain peengalaman kehamilan dan persalinan kedua anaknya ini telah mengubah hidupnya.

"Kehamilan dan pengalaman persalinan saya telah mengubah hidupku menjadi seorang tenaga medis profesional," tuturnya.

Bahkan pengalaman inilah yang membawa Dr Wong untuk membagikan pengalamannya serta menegaskan pentingnya menyusui.

"Saya benar-benar percaya menyusui sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Hla itu yang selalu ingin saya sampaikan kepada ibu lainnya agar tidak ragu menyusui anaknya," paparnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS