Keracunan Ayam, 110 Mahasiswa Diare Sampai Dilarikan ke Rumah Sakit

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Keracunan Ayam, 110 Mahasiswa Diare Sampai Dilarikan ke Rumah Sakit
Ilustrasi keracunan makanan. (Shutterstock)

Ratusan mahasiswa dilarikan ke rumah sakit karena diare dan muntah setelah keracunan ayam.

Suara.com - Sebanyak 110 mahasiswa di universitas daerah Kajang, Malaysia dilarikan ke rumah sakit dengan keluhan sakit perut, diare dan muntah.

Ratusan mahasiswa yang terdiri dari 90 perempuan dan 20 pria diduga keracunan makanan saat menjalani masa orientasi di kampusnya.

Menurut Astro Awani dilansir dari World of Buzz, insiden itu terjadi di hari keempat masa orientasi. Tetapi, pihak universitas sudah mendengar keluhan mahasiswanya sejak sehari sebelum kejadian.

"Tak lama setelah salat Magrib, banyak mahasiswa yang mulai mengeluh sakit perut dan muntah. Akhirnya pihak kampus membawa ratusan mahasiswa yang mengalami keluhan tersebut ke rumah sakit malam harinya," kata seorang petugas kampus.

Sebelum insiden tersebut semua mahasiswa diketahui baru saja mengonsumsi nasi putih, ayam, kurma dan sayuran. Siang harinya, ratusan mahasiswa itu juga mengonsumsi nasi putih dengan ayam kecap dan sayuran.

Makan ayam goreng. (Shutterstock)
Makan ayam goreng. (Shutterstock)

Semua makanan itu sengaja disajikan oleh pihak universitas untuk makan siang dan malam mahasiswa barunya selama masa orientasi.

Tetapi, sejumlah mahasiswa yang masuk ke rumah sakit mengeluhkan bahwa ayam kecap yang mereka konsumsi siang hari sudah berbau.

Makanan berbau itulah yang diduga menjadi penyebab ratusan mahasiswa jatuh sakit, muntah dan diare.

Melansir dari The Daily Meal, konsumsi ayam yang berbau tentu sangat berbahaya. Seseorang mungkin saja mengalami keracunan mengerikan akibat makan daging ayam busuk.

Apalagi daging ayam mengandung bakteri patogen seperti salmonella, listeria dan E. coli yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Karena itu disarankan mengolah daging ayam mentah dalam 73 derajat celcius untuk membunuh bakteri berbahaya di dalamnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS