alexametrics

Wajib Tahu, Jangan Simpan 8 Makanan Ini di Lemari Es !

Ririn Indriani
Wajib Tahu, Jangan Simpan 8 Makanan Ini di Lemari Es !
Ilustrasi menyimpan makanan di lemari es. (Shutterstock)

Ternyata tak semua makanan baik disimpan di lemari es.

Suara.com - Menyimpan makanan di lemari es memang bisa menjaga kesegaran. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang tidak disarankan disimpan di lemari es, karena bisa mengurangi cita rasa, kandungan nutrisi, bahkan justru mempercepat proses pembusukannya.

Lantas, makanan apa saja yang tak disarankan di simpan di lemari es. Yuk, cari tahu penjelasan lengkapnya yang dihimpun Go Dok.

1. Roti
Meskipun termasuk sebagai makanan yang cukup sering dijumpai dalam lemari es, sebenarnya roti termasuk makanan yang tidak boleh di simpan di lemari es dan lebih dianjurkan untuk disimpan dalam suhu ruangan, lho.

Roti, salah satu makanan yang sebaiknya tidak disimpan di lemari es. (Shutterstock)
Roti, salah satu makanan yang sebaiknya tidak disimpan di lemari es. (Shutterstock)

Zat pati dalam roti akan berubah menjadi gula dengan cepat dalam suhu dingin. Hal ini mendukung proses mengerasnya tekstur roti. Hasilnya, roti menjadi tidak selezat aslinya.

Baca Juga: 5 Fakta Makanan di Abad Pertengahan, Sarapan Ternyata Dianggap Dosa

2. Rempah
Sebenarnya, rempah-rempah tidak perlu dimasukkan ke dalam lemari es agar bisa tahan lebih lama. Rempah-rempah seperti kemiri, laos, dan sebagainya bisa bertahan dalam suhu ruangan cukup lama.

Ilustrasi rempah. (Shutterstock)
Ilustrasi rempah. (Shutterstock)

Selain itu, menyimpannya dalam lemari es akan membuat aromanya berkurang. Tentunya, hal ini juga memengaruhi kelezatan masakan yang dihasilkan.

3. Kentang
Jika Anda terbiasa menyimpan kentang dalam lemari es, mulai sekarang pindahkan kentang tersebut ke dalam wadah kertas. Suhu lemari es yang dingin akan memengaruhi kesegaran rasa kentang. Kentang akan bertahan dengan baik di sekitar kertas, yang cenderung menyerap kelembapannya.

Ilustrasi kentang. (shutterstock)
Ilustrasi kentang. (shutterstock)

4. Bawang Putih
Mengapa bawang putih termasuk ke dalam makanan yang tidak boleh di simpan di lemari es? Menyimpan bawang putih di dalam lemari es akan membuatnya melunak.

Aroma bawang putih yang kuat juga akan memengaruhi makanan lain di dalam lemari es, terutama makanan yang berada di dekatnya.

Baca Juga: Ada Benjolan di Pita Suara, Raffi Ahmad Pantang Makanan Tertentu

Bawang Putih (Shutterstock)
Bawang Putih (Shutterstock)

Cara terbaik menyimpan bawang putih adalah memasukkannya ke dalam wadah kertas, lalu meletakkannya di tempat kering, bersuhu ruangan, dan gelap. Akan lebih baik jika menjauhkannya dari kentang.

Komentar