alexametrics

10 Penyakit Akibat Gaya Hidup Buruk, Yuk Peduli Kesehatan dari Sekarang

Silfa Humairah Utami
10 Penyakit Akibat Gaya Hidup Buruk, Yuk Peduli Kesehatan dari Sekarang
Ilustrasi sakit akibat gaya hidup buruk. (Shutterstock)

Apa aja sih penyakit akibat gaya hidup buruk?

Suara.com - 10 Penyakit Akibat Gaya Hidup Buruk, Yuk Peduli Kesehatan dari Sekarang.

Gaya hidup yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit dalam hingga mental.  

Faktor gaya hidup yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit tergolong beragam. Anda yang gemar mengonsumsi makanan tidak sehat, malas bergerak atau berolahraga, dan memiliki kebiasaan yang mengganggu kesehatan seperti merokok dan minum minuamn beralkohol, lebih berisiko untuk terkena penyakit.

Hal itu diungkapkan dr T Bahdar Johan Sp PD, pada even Healty Talk di rangkaian Corporate Halal Bihalal Hotel Santika Premiere Bintaro, beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Gampang Banget, 4 Tips untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

Ia menuturkan beberapa penyakit yang sering terjadi akibat gaya hidup yang buruk antara lain adalah:

1. Diabetes 

Selain faktor keturunan dan pertambahan usia, risiko diabetes  juga dapat meningkat pada orang dengan kondisi tertentu, misalnya orang yang tidak bergerak aktif, kelebihan berat badan, atau terbiasa mengonsumsi makanan kaya lemak dan karbohidrat. Pola hidup seperti ini memicu gangguan pada sistem pengaturan kadar gula darah dalam tubuh.

2. Osteoporosis

Selain kekurangan vitamin D yang menyebabkan kerapuhan tulang, osteoporosis lebih rentan terjadi pada orang yang mengalami kelumpuhan atau pada orang yang kurang bergerak aktif setiap hari. Sepanjang hari duduk menonton TV ataupun duduk bekerja di depan laptop dapat mempercepat penurunan kualitas kepadatan tulang. Dalam jangka panjang, kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol juga turut berperan dalam berkurangnya kepadatan tulang.

Baca Juga: Demi Putranya, Wanita Ini Ubah Gaya Hidup & Turunkan 126 Kg Berat Badannya

3. Kanker

Komentar