Hasil Tes Urine Ungkap Nunung Positif 3 Zat Kimia Ini, Ketahui Bedanya!

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Hasil Tes Urine Ungkap Nunung Positif 3 Zat Kimia Ini, Ketahui Bedanya!
Nunung Srimulat saat ditangkap polisi [Istimewa]

Hasil tes urine Nunung tercatat positif 3 zat kimia methamphetamine, amphetamine, benzodiazepine. Apa itu?

Suara.com - Komedian Nunung ditangkap karena penggunaan narkoba jenis sabu oleh Ditresnarkoba Polda Metro Jaya pada Jumat (19/7/2019) siang.

Penangkapan ini terjadi di rumahnya di daerah Tebet, Jakarta Selatan yang diketahui berdasarkan video yang beredar.

Tidak hanya itu, foto hasil tes urine Nunung pun banyak beredar. Dalam foto tersebut terlihat Nunung positif menggunakan tiga jenis zat kimia methamphetamine, amphetamine, benzodiazepine.

Amphetamine

Berdasarkan laman Rapidtest, amfetamin adalah stimulan saraf pusat yang menyebabkan epinefrin neutrotrransmitter, norepinefrin, dan dopamin dilepaskan ke otak serta tubuh sehingga memberi pengguna perasaan euforia, kewaspadaan, dan peningkatan energi.

Dampak dari penggunaan zat ini meliputi peningkatan tekanan darah dan aritmia jantung. Jika terlalu banyak menggunakan obat ini akan membuat penggunanya merasa kecemasan, paranoia, halusinasi dan perilaku psikotik.

Metamfetamin (MET)

Ini adalah turunan sintetis yang paling populer dari amfetamin.

Penggunaan metamfetamin dengan dosis besar dapat menyebabkan peningkatan stimulasi sistem saraf pusat dan menyebabkan euforia, kewaspadaan, nafsu makan berkurang, dan rasa peningkatan energi dan kekuatan.

Sedangkan dampaknya sama seperti amfetamin.

Hasil tes urine Nunung (Dok. Istimewa)
Hasil tes urine Nunung (Dok. Istimewa)

Benzodiazepin

Ini adalah obat kelas depresan sistem saraf pusat yang diresepkan secara luas yang memiliki efek ansiolitik, hipnotik, anti-kejang, dan pelemas otot.

Penyalahgunaan obat benzodiazepine kronis dapat menyebabkan kecanduan dan tardive dyskinesia (gangguan medis berupa gerakan yang tidak terkendali pada lidah, bibir, dan wajah).

Dosis obat benzodiazepine yang lebih tinggi menyebabkan mengantuk, pusing, relaksasi otot, lesu, koma, dan kemungkinan kematian.

Efek penggunaan obat benzodiazepin bertahan 4 hingga 8 jam.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS