Aromanya Menyengat, Durian Justru Jadi Obat Bau Mulut dan Masalah Gigi

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Aromanya Menyengat, Durian Justru Jadi Obat Bau Mulut dan Masalah Gigi
Ilustrasi durian. (Pixabay/Thruthseeker08)

Buah durian yang memiliki aroma menyengat justru punya manfaat tak terduga.

Suara.com - Selama ini banyak orang menganggap konsumsi durian berkaitan dengan darah tinggi dan sejumlah kondisi medis lainnya. Oleh karena itu banyak orang menghindari buah satu ini.

Padahal durian juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti mengatasi bau mulut, perut kembung hingga kerusakan gigi.

Meskipun durian memiliki aroma yang sangat menyengat, sejumlah penelitian sudah meyakini bahwa durian bisa menghilangkan bau mulut.

Penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Gigi di Universitas Chulalongkorn di Thailand telah berusaha membukti fakta durian untuk kesehatan mulut manusia.

Baca Juga: Pria Diduga Meninggal Makan Durian Sambil Minum Kopi, Ini Kata Dokter Reisa

Hasilnya, mereka melihat durian sangat baik untuk pembersih mulut. Karena, durian memiliki zat yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri pada tikus.

Ilustrasi durian. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi durian. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Peneliti kemudian menyimpulkan bahwa konsumsi durian bisa menjaga kebersihan mulut dan membunuh bakteri penyebab bau mulut secara alami.

"Durian bisa digunakan sebagai agen antibakteri alami dalam produk kebersihan mulut," kata peneliti, dikutip dari World of Buzz.

Selain itu, konsumsi buah durian ini juga dipercaya dapat mencegah penyakit periodontal. Itu adalah pembengkakan gusi dan penyangga tulang di sekitar gigi.

Buah durian. (Shutterstock)
Buah durian. (Shutterstock)

Penelitian ini juga menemukan zat pada durian berfungsi sama dengan klorheksidin. Menurut Science Direst, klorheksidin adalah anti-septik yang biasa ditemukan dalam produk pencuci mulut.

Baca Juga: Durian Sebabkan Kematian Mendadak? Ini Kata Dokter

Zat tersebut bekerja untuk mengurangi senyawa yang menyebabkan bau mulut. Oleh karenanya, berbahagialah bagi Anda yang menyukai durian!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS