Ilmuwan Temukan Obat yang Ampuh Sembuhkan TBC dalam Waktu 6 Bulan

Ade Indra Kusuma
Ilmuwan Temukan Obat yang Ampuh Sembuhkan TBC dalam Waktu 6 Bulan
Ilmuwan Temukan Obat yang Ampuh Sembuhkan TBC dalam 6 Bulan (Shutterstock)

Pretomanid bisa menyembuhkan 90 persen penderita TBC yang resisten terhadap pengobatan yang ada.

Suara.com - Ilmuwan Temukan Obat yang Ampuh Sembuhkan TBC dalam 6 Bulan

Para pejabat dinas kesehatan Amerika menyetujui obat TBC terbaru bernama Pretomanid yang dikembangkan oleh organisasi nirlaba TB Alliance.

Obat yang ditemukan para ilmuwan ini diakui dinas kesehatan sangat layak dan ampuh apabila digabung dengan dua obat lainnya. Obat ini disebut bisa menyembuhkan penyakit TBC secara progresif.

Mengutip VOAIndonesia, studi menunjukkan apabila digunakan bersamaan dengan dua obat lainnya, Pretomanid bisa menyembuhkan 90 persen penderita TBC yang resisten terhadap pengobatan yang ada saat ini.

ilustrasi obat-obatan terlarang. (Shutterstock)
ilustrasi obat-obatan. (Shutterstock)

Studi itu juga menunjukkan, campuran ketiga obat tadi bisa menyembuhkan TBC dalam waktu enam bulan, dan juga bisa mencegah penularan bakteri itu hanya dalam beberapa hari.

Pengobatan TBC saat ini biasanya mengharuskan penderita minum banyak pil selama berbulan-bulan dan harus mendapat suntikan yang menimbulkan rasa sakit tiap hari.

Pengobatan cara itu bisa berlangsung sampai dua tahun, dan kata dokter banyak pasien yang berhenti menjalani pengobatan atau meninggal sebelum sembuh.

Penyakit TBC kini diperkirakan membunuh sekitar 1,6 juta orang tiap tahun dan ditularkan oleh bakteri yang lepas ke udara ketika penderita batuk atau bersin. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS