Kehamilan Selvi Ananda Sudah Trimester Ketiga, Coba Konsumsi Makanan Ini

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Kehamilan Selvi Ananda Sudah Trimester Ketiga, Coba Konsumsi Makanan Ini
Iriana Joko Widodo beserta keluarga memperkenalkan Selvi Ananda Putri, mantan Putri Solo yang akan menikah dengan putranya, Gibran Rakabuming, (14/4). (Antara/Maulana Surya)

5 jenis makanan bisa membantu memperlancar persalinan Selvi Ananda yang sedang hamil anak kedua.

Suara.com - Selvi Ananda, istri Gibran Rakabuming Raka akhirnya buka suara terkait kehamilan keduanya. Menantu Presiden RI Joko Widodo tersebut mengaku kehamilan keduanya sudah memasuki tahap trimester akhir.

Kabar kehamilan kedua Selvi Ananda diketahui dari unggahan Instagram @janethes_story. Selvi Ananda pun sempat meminta doa agar persalinannya nanti berjalan lancar.

"Ini udah trimester terakhir. Alhamdulillah minta doanya semoga lancar sampai lahiran, sehat ibu sama bayi," katanya dalam sebuah video.

Pada tahap trimester akhir ini, Selvi Ananda pastinya membutuhkan asupan makanan yang baik sebagai sumber tenaga jelang persalinan.

Melansir dari Sacred Vessel Acupuncture, Adapun makanan di bawah ini yang sebaiknya dikonsumsi Selvi Ananda agar persalinannya lancar.

Kehamilan kedua Selvi Ananda sudah memasuki trimester akhir (Instagram @janethes_story)
Kehamilan kedua Selvi Ananda sudah memasuki trimester akhir (Instagram @janethes_story)

1. Sayuran hijau

Sebagian besar sayuran hijau mengandung vitamin K sangat tinggi. Selain itu, sayuran hijau mengandung magnesium, zat besi, seng, kalsium dan omega yang sangat baik dikonsumsi jelang persalinan.

2. Ubi jalar

Ubi jalar menyediakan pati dan estrogen yang dibutuhkan untuk membuat asam hialuronat dalam tubuh. Dalam proses persalinan, kandungan dalam ubi jalar bisa membantu merangsang produksi estrogen, oksitosin dan prostaglandin tubuh.

3. Pisang

Pisang membantu produksi asam hialuronat seperti ubi jalar. Pisang juga bisa digunakan sebagai pemanis yang sehat untuk mengurangi konsumsi gula sebagai nutrisi tambahan jelang melahirkan.

Ilustrasi seorang perempuan sedang mengiris pisang. [Shutterstock]
Ilustrasi seorang perempuan sedang mengiris pisang. [Shutterstock]

4. Melon

Melon yang banyak mengandung air juga sangat membantu mencegah dehidrasi menjelang persalinan. Selain itu, melon juga akan menghidrasi bayi dan mempertahankan cairan ketuban.

5. Kacang-kacangan atau biji-bijian

Berbagai jenis kacang-kacangan atau biji-bijian termasuk makanan yang sangat baik dikonsumsi jelang persalinan. Salah satunya biji buang matahari yang kaya vitamin E.

Kandungan dalam biji bunga matahari bagus untuk kelembutan jaringan, fungsi progesteron sekaligus bagian nutrisi yang ada dalam cairan ketuban.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS