Susu Soya Jadi Asupan Alternatif Anak yang Alergi Protein Sapi

Ade Indra Kusuma | Risna Halidi
Susu Soya Jadi Asupan Alternatif Anak yang Alergi Protein Sapi
Susu Soya Jadi Asupan Alternatif Anak yang Alergi Protein Sapi (Shutterstock)

Pakar sebut formula isolat protein pada soya tidak kalah baiknya dengan protein hewani.

Suara.com - Susu Soya Jadi Asupan Alternatif Anak yang Alergi Protein Sapi

Menurut data Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI, sekitar 5 sampai 7,5 persen anak Indonesia mengalami gejala alergi susu sapi

Gejalanya meliputi ruam-ruam pada kulit, diare, hingga masalah gangguan saluran pernapasan seperti bersin dan sesak napas.

Menurut Konsultan Tumbuh Kembang Anak, Profesor. Dr. dr. Rini Sekartini, SpA(K), susu soya dapat dijadikan solusi alternatif bagi anak yang memiliki masalah alergi susu.

Susu Soya Jadi Asupan Alternatif Anak yang Alergi Protein Sapi (Shutterstock)

"Anak-anak dengan risiko tidak toleran terhadap protein susu sapi jadi tetap memiliki kesempatan tumbuh kembang yang sama dengan anak lainnya," kata Rini.

Namun Rini juga menekankan pengingnya susu soya yang sudah diformulasikan dengan tambahan nutrisi dan vitamin. "Yang paling penting adalah alternatif nutrisi agar kebutuhan mikronutrien termasuk protein tetap terpenuhi lewat isolat protein kedelai atau soya yang telah difortifikasi," tambah Rini dalam acara peluncuran SGM Eksplor Advance+ Soya di Jakarta, Rabu, (28/8/2019).

Menurut Rini, formula isolat protein pada soya tidak kalah baiknya dengan protein hewani dari susu. Karena itu juga, ia mengimbau agar orangtua yang memiliki anak dengan alergi susu sapi untuk tidak merasa ragu dan minder karena tubuh anak menolak protein dari susu sapi.

"Sejumlah penelitian juga telah membuktikan bahwa pola pertumbuhan, kesehatan tulang dan fungsi metabolisme, fungsi reproduksi, endoktrin, imunutas dan sistem saraf anak pengonsumsi protein susu sapi dengam isolat protein soya tidak berbeda secara signifikan," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS