Suami Ersa Mayori Alami Patah Tulang Kaki, Begini Pertolongan Pertamanya!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Suami Ersa Mayori Alami Patah Tulang Kaki, Begini Pertolongan Pertamanya!
Rahasia awet muda Ersa Mayori. (Suara.com/Dini Afrianti)

Pertolongan pertama patah tulang seperti yang dialami oleh suami Ersa Mayori.

Suara.com - Kabar sedih datang dari Ersa Mayori yang mengunggah foto suaminya tengah berbaring di kasur rumah sakit melalui Instagramnya. Ersa Mayori mengatakan, suaminya sedang mengalami cedera patah tulang kaki.

Hal itu terjadi setelah suaminya terjatuh dan tergelincir di parkiran sebuah gedung. Saat itu, suami Ersa Mayori hanya berdua dengan keponakannya.

"Hari Sabtu lalu keluarga kami mendapat musibah. Suami saya jatuh tergelincir hebat sampai cidera patah tulang kaki di sebuah gedung parkiran daerah Sudirman," tulis Ersa Mayori di Instagram.

Hari itu, kondisi parkiran gedung sangat kosong. Sampai akhirnya tiba seorang pria langsung membantu dan mengantarkan suami Ersa Mayori ke rumah sakit.

"Setelah lari mencari bantuan, datang seorang pria menolong. Dengan sigap ia mengangkat suami saya ke mobilnya, lalu mengantar ke rumah sakit terdekat. Setelah ditangani pihak UGD, orang tersebut pergi," sambungnya.

Jika hal ini terjadi sekitar Anda,ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada korban. Pilihannya, langsung mengantarkan ke rumah sakit atau memanggil tim medis di tempat kejadian agar patah tulang tidak makin parah.

Foto X-ray patah tulang kaki. (Shutterstock)
Foto X-ray patah tulang kaki. (Shutterstock)

Apabila kondisi terlihat parah, maka pilihannya hanya memanggil tenaga medis ke tempat kejadian. Sembari menunggu tenaga medis, Anda tetap harus memberikan pertolongan pertama, seperti yang dilansir dari Mayo Clinic.

1. Jangan gerakkan orang itu

Tujuannya agar cedera patah tulang tidak semakin parah.

2. Hentikan pendarahan

Jika terjadi pendarahan, hentikan dengan cara menekan lukanya dengan perban steril, kain bersih atau pakai bersih.

3. Lumpuhkan area yang terluka

Jangan coba menyelaraskan atau mendorong kembali tulang yang patah. Begitu pula jika ada tulang yang mencuat, lebih baik lapisi area patah tulang menggunakan papan kayu atau semacamnya untuk menyangga.

Suami Ersa Mayori patah tulang kaki (Instagram/@ersamayori)
Suami Ersa Mayori patah tulang kaki (Instagram/@ersamayori)

4. Kompres es

Kompres area yang mengalami pembengkakan menggunakan es batu yang dibungkus handuk, kain atau semacamnya.

5. Beri oksigen atau obat

Jika orang itu syok hingga kesulitan bernapas maupun pingsan, segera beri bantuan oksigen atau angkat sedikit kepalanya agar tetap tersadar.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS