Olahraga HIIT Bisa Sebabkan Sembelit, Benarkah?

Vika Widiastuti
Olahraga HIIT Bisa Sebabkan Sembelit, Benarkah?
Perempuan sedang olahraga. (Shutterstock)

HIIT menjadi salah satu latihan favorit banyak orang karena bisa dilakukan di mana saja tanpa peralatan apapun.

Suara.com - Olahraga secara teratur baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga berat badan, menguatkan tulang hingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Namun, yang jarang disadari adalah efek negatif dari latihan tersebut. Misalnya, jika Anda berolahraga secara teratur dan sering merasa sembelit berarti hal tersebut kemungkinan disebabkan oleh jenis latihan yang dilakukan. Misalnya latihan interval intensitas tinggi (HIIT) yang dapat mengganggu pencernaan. Kok bisa?

HITT merupakan latihan kardio intensitas tinggi yang memberikan hasil maksimal dengan waktu minimum. Ini menjadi salah satu latihan favorit banyak orang karena bisa dilakukan di mana saja tanpa peralatan apapun.

Latihan ini membantu membakar lemak dan pembentukan otot dalam waktu singkat. Namun, karena intensitasnya tinggi, latihan ini bisa menyebabkan tekanan besar pada usus dan tidak memberikan waktu untuk relaksasi hingga menyebabkan masalah pencernaan.

Olahraga HIIT membutuhkan banyak kekuatan yang bisa berbahaya untuk sistem penceranaan, apalagi jika pencernaan Anda sudah bermasalah.

Ilustrasi: Olahraga untuk memperbaiki postur tubuh, termasuk tulang belakang. (Shutterstock)
Ilustrasi Olahraga. (Shutterstock)

Jika Anda sudah lama melakukan olahraga HIIT dan tidak ada masalah, maka teruskanlah. Namun sebaliknya jika Anda mengalami sembelit, berpikirlah untuk melakukan perubahan.

Selain itu, apa yang perlu dilakukan. Sistem pencernaan Anda membutuhkan waktu untuk bersantai, jadi sertakan pula beberapa latihan intensitas rendah atau coba latihan seperti pilates, yoga, dan lari.

Hindari pula melakukan HIIT setelah makan. Berikan waktu pada sistem pencernaan untuk mencerna makanan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS