Hari Penglihatan Sedunia, Sardjito Eye Cente Gelar Pemeriksaan Mata Gratis

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah
Hari Penglihatan Sedunia, Sardjito Eye Cente Gelar Pemeriksaan Mata Gratis
Sardjito Eye Center (Suara.com/Rosiana)

Selain pemeriksaan mata, ada rangkaian acara lain dalam kegiatan jalan sehat pada Minggu (13/10/2019) besok di RSUP Sardjito.

Suara.com - Kesehatan mata sama pentingnya dengan kesehatan organ tubuh lainnya. Bahkan, apabila kesehatan mata menurun, kualitas hidup juga bisa menurun.

Oleh karena itu, dalam rangka Hari Penglihatan Dunia yang selalu diperingati tiap Kamis pada minggu kedua Oktober, Sardjito Eye Center akan menggelar acara jalan sehat.

Sardjito Eye Center merupakan salah satu pusat layanan kesehatan mata yang dinaungi RSUP Sardjito, yang berkomitmen untuk membantu menjaga dan meningkatkan kualitas penglihatan masyarakat.

Acara bertemakan 'Vision First' ini rencananya akan dilangsungkan pada Minggu (13/10/2019) besok di RSUP Dr Sardjito pukul 07.00 WIB.

Tidak hanya jalan sehat, Sardjito Eye Center juga mengadakan rangkaian acara talk show, pemeriksaan mata untuk usia 50 tahun ke atas dan pemberian kacamata gratis untuk anak SD yang memiliki measalah penglihatan.

Khusus untuk acara talk show, akan diisi oleh dokter spesialis mata berpengalaman. Antara lain, dr Angela Nurini Agni, Sp.M(K), M.Kes, DR dr. Retno Ekantini, Sp.M(K) dan Prof dr. Suhardjo, SU, Sp.M(K).

Operasi Lasik [shutterstock]
Operasi Lasik [shutterstock]

Kegiatan ini akan diawali dengan pelatihan kader kesehatan para guru di tujuh Sekolah Dasar. Hal ini berguna untuk mendeteksi kelainan mata pada anak di sekitar Sardjito Eye Center.

Menurut dr. Firman Setya Wardhana, Sp.M (K), tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk menyadarkan masyarakat pentingnya kesehatan mata.

"Kita melihat bahwa banyak sekali penyakit mata yang sebetulnya bisa kita cegah kebutaannya, bahkan banyak teknik pengobatan yang bisa mengembalikan dari kebutaan menjadi melihat lagi," tutur Firman, di RSUP Sardjito pada Rabu (9/10/2019).

Firman menambahkan, ia ingin masyarakat sadar bahwa kesehatan mata merupakan hal penting dan tidak takut lagi untuk memeriksakan mata mereka ke dokter.

Harapannya, acara ini dapat menunjukkan kepada masyarakat akan kesiapan Sardjito Eye Center yang dinaungi RSUP Sardjito sebagau rujukan layanan mata unggulan dan terintegrasi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS