alexametrics

Diet Khusus Kanker Payudara, 4 Makanan Ini Baik untuk Mencegahnya!

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni
Diet Khusus Kanker Payudara, 4 Makanan Ini Baik untuk Mencegahnya!
Perempuan kampanye melawan kanker payudara. [shutterstock]

Kanker payudara termasuk penyakit kronis yang sangat rentan menyerang wanita karena berbagai faktor risiko.

Suara.com - Kanker payudara termasuk penyakit kronis yang paling rentang menyerang wanita. Bahkan penyakit ini bisa juga menyerang pria dalam kondisi tertentu.

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang berisiko kanker payudara, termasuk usia, riwayat keluarga, genetika dan jenis kelamin. Selain itu, seseorang juga lebih berisiko tergantung dari kebiasaan merokok, tingkat antivitas fisik, berat badan dan diet.

Beberapa penelitian dilansir dari Medical News Today, faktor makanan tertentu bisa memicu 30-40 persen kanker payudara. Perlu dipahami bahwa tidak ada makanan atau program diet yang bisa mencegah maupun menyebabkan kanker payudara secara langsung.

Tetapi, memilih makanan tertentu dipercaya bisa menekan risiko perkembangan kanker payudara. Adapun beberapa makanan berikut yang dipercaya bisa mencegah kanker payudara.

Baca Juga: Hari Kesehatan Jiwa Dunia, 7 Cara Menjaga Kesehatan Mental di Tempat Kerja!

1. Buah dan sayuran

Sebuah penelitian terhadap 91.779 wanita menemukan bahwa mengonsumsi sayuran mengurangi risiko kanker payudara hingga 15 persen. Selain itu, buah-buahan dan sayuran juga kaya flavonoid dan karotenoid yang memberikan manfaat kesehatan.

Perempuan kampanye melawan kanker payudara. [shutterstock]
Perempuan kampanye melawan kanker payudara. [shutterstock]

Dalam hal itu, sayuran dan buah-buah yang bisa mencegah kanker payudara seperti kangkung, brokoli, berry, ikan, telur dan kacang-kacangan. Para peneliti telah mengaitkan beta karoten dalam wortel bisa menekan risiko kanker payudara.

2. Lamak sehat

Makanan berlemak bisa menyebabkan obesitas sehingga membuat orang berisiko lebih tinggi menderita kanker. Tetapi, beberapa lemak makanan diperlukan agar tubuh bekerja lebih baik.

Baca Juga: Pentingnya Simpan Sel Telur dan Sperma Bagi Pengidap Kanker

Lemak tak jenuh ini termasuk minyak zaitun, alpukat, biji hingga salmon. Para peneliti telah menemukan makanan yang mengandung lemak tak jenuh bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Komentar