Menangkal Suhu Panas di Jakarta, Ini 5 Cara Aman Beraktivitas di Luar

Vania Rossa
Menangkal Suhu Panas di Jakarta, Ini 5 Cara Aman Beraktivitas di Luar
Ilustrasi cuaca panas. (PIxabay)

Saat cuaca panas, bekali diri Anda dengan 5 hal ini saat akan ke luar rumah.

Suara.com - Suhu panas melanda Jakarta dan sekitarnya dalam beberapa hari ini, bahkan beberapa hari pernah mencapai 36 derajat Celcius. Dan menurut BMKG, cuaca panas ini masih akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan.

Nah, menghadapi panas yang terlalu terik seperti ini, Anda perlu trik agar tetap bugar dan segar. Jangan sampai Anda 'menantang' matahari tanpa persiapan apa-apa dari rumah. Panas yang sangat terik ini rentan membuat seseorang mengalami dehidrasi, yang ditandai dengan kondisi lemah, lemas, pusing, bahkan black out atau pingsan.

Nah, supaya Anda tetap aman beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas, coba lakukan persiapan berikut sebelum keluar rumah, seperti dilansir dari Med Express.

1. Minum air yang cukup
Cuaca panas atau lembap bisa membuat Anda berkeringat lebih banyak dari biasanya, dan membutuhkan hidrasi tambahan untuk menebus cairan yang hilang. Jadi, pastikan Anda membawa air putih di dalam tas untuk diminum kapan pun Anda haus atau berkeringat. Jangan menunda minum, karena efeknya akan membuat Anda merasa pusing, mual, dan pandangan berkunang-kunang.

2. Sarapan dengan oatmeal
Jika Anda berencana untuk menghabiskan banyak waktu di bawah terik matahari, sarapanlah dengan oatmeal. Tidak hanya mengenyangkan, oatmeal juga berfungsi melembabkan. Saat gandum dimasak, mereka akan mengembang dan menyerap air atau susu yang dicampurkan dengannya.

3. Minum susu
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh McMaster University, susu lebih melembabkan daripada air atau minuman olahraga karena merupakan sumber protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit.

4. Minum smoothies
Jika asupan air putih Anda dirasa masih kurang, cobalah buat smoothies untuk membantu menghidrasi tubuh. Gunakan stroberi, persik, mentimun, bayam, dan blueberry untuk membuat smoothies yang enak dan sehat.

5. Pakai baju putih
Fisikawan Rhett Allain dari Southeastern Louisiana University, Amerika Serikat, mengungkapkan, baju berwarna putih bisa menangkal cuaca panas. "Baju putih sepertinya membuat tubuh jadi lebih adem saat cuaca panas berlangsung," jelas Allain, dikutip dari Real Simple, Rabu (23/10/2019).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS