Botol Air Minum Harus Dicuci secara Rutin, Ini Sebabnya

Yasinta Rahmawati
Botol Air Minum Harus Dicuci secara Rutin, Ini Sebabnya
Ilustrasi botol air minum. (Pixabay)

Botol air minum yang dipakai setiap hari perlu diperhatikan kebersihannya.

Suara.com - Selalu membawa botol air minum sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Selain lebih sehat, membawa botol air minum juga membuat kita berhemat serta mengurangi sampah plastik.

Namun apakah kamu rajin mencucinya setiap hari?

Menurut ahli mikrobiologi dan peneliti senior dari Lembaga Penelitian Murdoch Children Australia, Celeste Donato, botol air minum harus dibersihkan secara teratur.

Ia menyarankan untuk mencuci botol setelah setiap kali usai digunakan.

Sebab, bukan air dalam botol yang menjadi masalah, melainkan area di mana mulut bersentuhan dengan botol setiap kali minum.

"Mulut Anda dapat mengandung virus dan bakteri yang mungkin masuk ke botol air saat minum. Sebagian besar bakteri dan virus itu tidak akan membuat Anda sakit, tetapi mereka dalam kondisi yang berbeda-beda” kata Donato seperti dikutip dari Bustle.

Ilustrasi botol air minum. (Pixabay)
Ilustrasi botol air minum. (Pixabay)

Sebab meski sudah rajin menyikat gigi, mulut dan air liur dapat mengandung bakteri yang tertinggal setelah selesai minum. Menurut menurut Journal of Microbiology, ada lebih dari 700 jenis bakteri yang hidup di mulut.

Bakteri-bakteri tersebut bisa tersebar jika kita berbagi botol dengan orang lain dan tidak mencucinya. Belum lagi jika kita menyentuh bagian tersebut dengan tangan.

"Anda menyentuh banyak permukaan yang berbeda sepanjang hari, beberapa di antaranya mungkin sangat kotor seperti rel tangan di angkutan umum dan pegangan pintu di toilet umum, mengambil bakteri dan virus di tangan Anda," kata Donato.

Untuk membersihkan botol air minum, sebaiknya isi dulu dengan air hangat dan tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring kemudian kocok.

Selanjutnya, bilas botol beberapa kali sampai bersih dan tidak berbau sabun. Anda juga bisa membersihkan botol air minum menggunakan cuka atau soda bikarbonat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS