Evi Masamba Beri Anak Susu Formula, Begini Cara Minimalkan Risiko Obesitas

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Evi Masamba Beri Anak Susu Formula, Begini Cara Minimalkan Risiko Obesitas
Evi Masamba dan suaminya, Arif Hajrianto, di Jalan Kapten P. Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (13/5/2019). [Revi Cofans Rantung/Suara.com]

Mengonsumsi susu formula sejak bayi diyakini bisa mengarah ke obesitas.

Suara.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada April 2019 lalu mengungkap hasil penelitiannya pada 30 ribu anak yang meminum ASI dan susu formula, lapor Independent UK.

WHO menemukan, 25% bayi yang diberi susu formula lebih mungkin mengalami obesitas ketika mereka tumbuh dewasa. Sedangkan bayi yang diberi campuran antara ASI dan susu formula 12% cenderung lebih gamuk daripada mereka yang hanya diberi ASI.

Inilah yang sedang menjadi perhatian pedangdut Evi Masamba terhadap buah hatinya, Putri Meyshyla Nur Wahid. Sebab, beberapa waktu ini putrinya sudah mulai mengonsumsi susu formula, meski usianya masih tiga bulan.

Akibatnya, berat badan Putri mulai naik 4 ons setelah mengonsumsi susu formula dan imunisasi selama dua minggu.

"Ya sih bener (gemukan), anak aku habis selesai imunisasi juga bulan ini, 2 minggu setelah imunisasi itu naik 4 ons dan agak gemukan saingan sama emaknya," tutur Evi, melansir Matamata, Selasa (26/11/2019).

Putri pertama Evi Masamba. [Instagram]
Putri pertama Evi Masamba. [Instagram]

Walau begitu, Evi mengaku dirinya tetap memperhatikan berat badan putrinya agar tidak sampai obesitas.

Mengutip Hello Sehat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan orangtua untuk meminimalkan risiko obesitas pada bayi yang mengonsumsi susu formula, yakni :

1. Beri bayi susu formula hanya saat lapar, bukan karena hal lain. Seperti bayi bosan atau tidak nyaman dengan lingkungan sekitarnya.

2. Menawarkan empeng saat bayi ingin mengisap dan tidak sedang lapar.

3. Memberi bayi susu formula dengan takaran yang tepat. Terlalu sedikit air pada susu formula dapat meningkatkan jumlah kalori yang terkandung di dalamnya. Sedangkan terlalu banyak air justru dapat menyebabkan ketidakseimbangan natrium di dalam susu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS