Belajar dari Casey Stoner, Hindari Makanan Ini Saat Idap Kelelahan Kronis!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Belajar dari Casey Stoner, Hindari Makanan Ini Saat Idap Kelelahan Kronis!
Ilustrasi orang kelelahan kronis (shutterstock)

Ada beberapa makanan yang harus dihindari dan dikonsumsi ketika Anda menderita kelelahan kronis.

Suara.com - Sang legenda MotoGP, Casey Stoner tengah didiagnosis menderita kelelahan kronis. Penyakit inilah yang membuat Casey Stoner mengakhiri karirnya sebagai pembalap pada 2009 silam.

Kelelahan kronis (CFS) adalah gangguan yang ditandai dengan kelelahan ekstrem meskipun sudah beristirahat. Kelelahan kronis ini tidak dapat dijelaskan secara medis.

Casey Stoner sendiri pun merasa tidak bisa menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh karena kelelahan kronis ini. Sedangkan, sekarang ini belum ada obat khusus yang bisa mengatasi kelelahan kronis.

Meski begitu, gejala kelelahan kronis ini bisa dikurangi dengan mengonsumsi dan menghindari beberapa makanan seperti yang dilansir dari Mind Body Green, antara lain:

1. Hindari minum kopi

Jangan lagi minum kopi ketika Anda memiliki masalah kelelahan kronis. Lebih baik ganti minuman kopi Anda dengan teh chamomile dan chai dandelion yang bagus untuk kelelahan kronis.

2. Jauhi junk food

Banyak orang memiliki konsumsi junk food karena tidak repot dan cepat. Tetapi, makanan ini tidak disarankan untuk orang kelelahan kronis.

Ilustrasi junk food. (shutterstock)
Ilustrasi junk food. (shutterstock)

3. Batasi asupan susu

Susu memang baik untuk meningkatkan energi, tetapi minuman ini tidak disarankan untuk orang yang menderita kelelahan kronis.

Lebih baik ganti susu sapi dengan susu beras atau susu almond. Susu jenis tersebut bisa mengurangi gejala kelelahan kronis.

4. Sayuran

Jika Anda menderita kelelahan kronis, lebih baik perbanyak konsumsi sayuran. Makanan ini bisa membantu orang-orang dengan kelelahan kronis bisa lebih berenergi.

5. Minyak biji rami

Sekitar 100 mg minyak biji rami mengandung omega 3 dan 6 yang sangat bermanfaat utnuk mengatasi masalah persendian. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengatasi minyak biji rami.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS