Mengenal Kanker Ginjal Vidi Aldiano, Ketahui Jenis-jenisnya

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni
Mengenal Kanker Ginjal Vidi Aldiano, Ketahui Jenis-jenisnya
Vidi Aldiano [Ismail/Suara.com]

Vidi Aldiano ternyata telah didiagnosis kanker ginjal pada minggu lalu.

Suara.com - Penyanyi solo pria, Vidi Aldiano diketahui tengah menderita kanker ginjal sebelah kiri. Vidi Aldiano pun menceritakan tentang kondisi kesehatannya tersebut melalui Instagram.

Vidi Aldiano mengaku baru didiagnosis kanker ginjal pada minggu lalu. Sebelumnya, dia didiagnosis memiliki anomali yang disangka kista beberapa bulan lalu.

"Jadi, dari beberapa bulan yang lalu, ada anomali dalam diri gue. Sebenarnya dari Oktober kemarin sudah didiagnosa, awalnya kista. Lalu berubah jadi sesuatu yang lain," kata Vidi Aldiano.

"Baru minggu lalu gue dapat kabar bahwa gue punya kanker di ginjal, tepatnya di ginjal kiri," sambungnya.

Karena itulah, Vidi Aldiano sering berpergian ke Singapura untuk berobat. Sampai akhirnya, ia didiagnosis kanker ginjal dan harus menjalani operasi untuk mengangkat penyakitnya.

Vidi Aldiano [Evi Mariska/Suara.com]
Vidi Aldiano [Evi Mariska/Suara.com]

Sejumlah orang mungkin penasaran dengan kanker ginjal yang diderita oleh Vidi Aldiano. Melansir dari seattlecca.org, sekitar 90 persen kanker ginjal adalah jenis yang disebut karsinoma sel ginjal, biasanya membentuk tumor tunggal di salah satu atau kedua ginjal.

Kanker ini dimulai dari ginjal, sepasang organ yang terletak di belakang perut. Masing-masing seukuran kepalan tangan. Adapun beberapa jenis kanker ginjal yang harus Anda ketahui:

1. Karsinoma sel ginjal

Karsinoma sel ginjal menyumbang sekitar 90 persen kanker ginjal. Kanker ini muncul dari lapisan tubulus kecil di dalam ginjal Anda yang menyaring darah dan membuat urine.

Biasanya tumbuh sebagai massa tunggal dalam ginjal. Kadang-kadang ada dua atau lebih tumor di satu ginjal atau bahkan tumor di kedua ginjal secara bersamaan.

Ilustrasi kanker ginjal. (Shutterstock)
Ilustrasi kanker ginjal. (Shutterstock)

2. Karsinoma sel transisi

Karsinoma sel transisional merupakan 5 hingga 10 persen dari semua kanker ginjal. Kanker ini juga dikenal sebagai karsinoma urothelial. Jenis kanker ini tidak dimulai di ginjal tetapi di pelvis ginjal (tempat urine mengalir sebelum memasuki ureter).

3. Tumor wilms

Tumor wilms juga dikenal sebagai nephroblastoma. Penyakit ini hampir selalu terjadi pada anak-anak.

4. Sarkoma ginjal

Sarkoma ginjal adalah kanker ginjal yang paling langka dan hanya satu persen dari semua kasus kanker ginjal. Kanker jenis ini biasanya diperlakukan seperti sarkoma lainnya .

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS