Jangan Konsumsi 6 Makanan dan Minuman Ini saat Sakit Kepala, Cek Alasannya!

Irwan Febri Rialdi | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Konsumsi 6 Makanan dan Minuman Ini saat Sakit Kepala, Cek Alasannya!
Ilustrasi sakit kepala atau pusing. (Shutterstock)

Makanan dan minuman tertentu dianggap bisa memperburuk sakit kepala.

Suara.com - Sakit kepala adalah masalah kesehatan yang ringan, tetapi cukup mengganggu kegiatan sehari-hari. Kondisi ini pun bisa dipicu oleh banyak faktor, salah satunya makanan dan minuman.

Menurut Yayasan Penelitian Migrain, makanan tertentu yang dikombinasikan bisa memicu dan memperburuk sakit kepala.

Bahkan, beberapa orang mungkin tak menyadari makanan dan minuman tertentu yang sering dikonsumsi justru memicu sakit kepala.

Melansir dari healthline.com, berikut ini makanan dan minuman yang bisa memicu serta memperburuk sakit kepala.

1. Kafein

Terlalu banyak asupan kafein dapat menyebabkan sakit kepala. Namun, menurut American Migraine Foundation, kafein dapat membantu menghentikan migrain yang datang. Adapun minuman berkafein antara lain kopi, teh, dan cokelat.

Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)
Ilustrasi minum kopi. (Shutterstock)

2. Pemanis buatan

Banyak makanan olahan yang mengandung pemanis buatan. Makanan buatan ini digunakan sebagai alternatif gula bagi penderita diabetes. Namun, pemanis buatan ini justru bisa menyebabkan sakit kepala.

3. Alkohol

Alkohol termasuk minuman yang lebih umum dianggap sebagai penyebab sakit kepala. Sebab, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, yang menjadi faktor utama penyebab sakit kepala.

4. Cokelat

Menurut American Migraine Foundation, cokelat dianggap sebagai penyebab paling umum kedua sakit kepala setelah alkohol. Kondisi ini memengaruhi sekitar 22 persen orang yang mengalami sakit kepala.

Pasalnya, cokelat juga mengandung kafein dan beta-phenylethylamine yang memicu sakit kepala pada beberapa orang.

5. Makanan dengan MSG

Monosodium glutamat (MSG) adalah asam glutamat yang secara alami ada dalam tubuh kita. Makanan tertentu juga bisa mengandung MSG yang aman dikonsumsi.

Namun, The American Migraine Foundation mencatat bahwa MSG dapat memicu sakit kepala parah pada 10-15 persen dari mereka yang mengalaminya. Pengawet lain juga dapat memicu migrain pada beberapa orang.

6. Makanan beku

Mengonsumsi makanan beku dan es krim atau slushies bisa memicu rasa sakit di kepala. Anda kemungkinan besar akan mengalami sakit kepala jika mengonsumsi makanan dingin dengan cepat, setelah berolahraga atau ketika kepanasan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS