alexametrics

Jangan Panik Kena Jamur Kaki, Atasi dengan 2 Minyak Esensial Ini

Irwan Febri Rialdi | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Panik Kena Jamur Kaki, Atasi dengan 2 Minyak Esensial Ini
Ilustrasi kaki perempuan. (Shutterstock)

Jamur kaki adalah penyakit kulit yang tidak berbahaya tapi membuat seseorang malu karena mengganggu penampilan.

Suara.com - Jamur kaki mungkin bukan termasuk sebagai masalah penyakit yang membahayakan. Namun, kondisi ini tentu menjengkelakan dan memalukan, karena memengaruhi penampilan kaki indah Anda.

Kondisi ini juga dikenal sebagai 'tinea pedicle', artinya infeksi jamur kaki yang sangat umum pada manusia, yakni sekitar 15 persen dari populasi dunia.

Infeksi jamur kaki ini disebabkan oleh jamur Microsporum dan Trichophyton epidermophyton dari keluarga dermatofita. Jamur ini bisa menyebar ke kuku, tangan, selangkangan, hingga bawah ketiak.

Adapun gejala infeksi jamur kaki seperti yang dilansir dari Plants Hospital, seperti gatal, peradangan, radang kulit, dan bau menyengat.

Baca Juga: Tertular Virus Gastro, Acha Sinaga Muntah hingga 3 Liter

Penyakit kulit ini bisa disebabkan karena organisme jamur memasuki tubuh melalui luka kecil di kulit. Kondisi ini pun lebih rentan dialami pria, terutama mereka yang sering berkeringat dan menggunakan sepatu.

Sejauh ini, penyakit ini bisa diatasi dengan salep antijamur, lotion, dan krim. Namun, Anda juga bisa menggunakan minyak esensial pohon teh dan minyak esensial lemon untuk mengatasinya.

Ilustrasi kaki (shutterstock)
Ilustrasi kaki (shutterstock)

Lantas, bagaimana cara pemakainnya? Berikut Suara.com merangkum.

1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh disebut juga melaleuca yang berasal dari Australia. Minyak pohon teh ini merupakan minyak terbaik untuk membunuh jamur dan membersihkan kulit agar tidak menjadi tempat jamur berkembang.

Baca Juga: Puluhan Ribu Babi Mati akibat Virus Hog Cholera, Manusia Bisa Tertular?

Caranya, tambahkan tiga tetes minyak pohon teh ini ke dalam satu sendok makan minyak almond. Gunakan campuran minyak esensial ini untuk memijat kaki yang terkena sebanyak dua kali sehari.

Komentar