facebook

Meski Dikonsumsi Sesuka Hati, Makanan Ini Tidak Akan Bikin Gemuk

Yasinta Rahmawati
Meski Dikonsumsi Sesuka Hati, Makanan Ini Tidak Akan Bikin Gemuk

Makanan ini membuatmu bebas dari rasa bersalah.

Suara.com - Meskipun tidak ada yang namanya makanan dengan kandungan nol kalori, ada makanan yang bisa Anda nikmati dengan bebas tanpa harus khawatir dengan penambahan berat badan.

Menurut ahli gizi dr. Lisa Young , makanan ini umumnya termasuk dalam salah satu dari dua kategori, yakni buah-buahan atau sayuran yang tidak mengandung zat tepung.

Dilansir dari Insider, Young mengatakan ada beberapa alasan mengapa Anda tidak akan menambah berat badan dengan mengonsumsi makanan ini:

  • Sebagian besar mengandung air
  • Mereka rendah kalori
  • Mereka mengandung serat, yang membantu membuat Anda merasa dan tetap kenyang
  • Mereka dikemas dengan banyak vitamin, antioksidan dan nutrisi lain yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan

Namun penting untuk dicatat bahwa seperti halnya makanan lain, jika mengonsumsinya dalam porsi super besar, tentu berat badan Anda akan bertambah. Tetapi karena alasan yang tercantum di atas, kecil kemungkinan hal itu terjadi.

Baca Juga: Ed Sheeran Diet Sehat, Begini Perjuangannya hingga Susut 30 Kg

Ilustrasi salad buah (Pixabay/silviarita)
Ilustrasi salad buah (Pixabay/silviarita)

Berikut makanan yang tidak akan bikin gemuk, dirangkum dari Insider.

1. Mentimun
Mengandung sebagian besar terdiri dari air, mentimun hanya mengandung 16 kalori per sajian. Biji dan kulitnya mengandung sebagian besar nilai gizi buah, jadi sebaiknya Anda tidak mengupas mentimun Anda.

Kulit dan bijinya menyediakan serat dan bentuk vitamin A yang dikenal sebagai beta-karoten, yang dikenal baik untuk mata.

2. Tomat
Tomat terkenal karena mengandung likopen, karotenoid, yang membantu melawan penyakit kronis dan juga memberi warna merah pada buah. Selain likopen, tomat kaya akan vitamin A, C, dan B2, serta folat, kromium, kalium, dan serat.

Dan untuk semua nutrisi yang ditawarkannya, satu tomat berukuran sedang hanya memiliki sekitar 25 kalori.

Baca Juga: Diet Ketogenik Ternyata Mampu Perangi Virus Flu

Ilustrasi brokoli (shutterstcok)
Ilustrasi brokoli (shutterstcok)

3. Brokoli
Brokoli paling bergizi saat dimakan mentah atau saat dikukus. Sayuran super ini mengandung sulforaphane, sebuah anticarcinogen yang bekerja untuk menghancurkan bahan kimia penyebab kanker yang mungkin dikonsumsi tubuh baik melalui lingkungan maupun makanan.

Komentar