Ini Dia 'Senjata' Baru Lawan Kolesterol

Vania Rossa | Risna Halidi
Ini Dia 'Senjata' Baru Lawan Kolesterol
Kadar Kolesterol. (Shutterstock)

Peneliti menemukan metode suntik yang dapat mengurangi kadar kolesterol.

Suara.com - Badan kesehatan Inggris, NHS, merintis program pengurangan kolesterol yang dapat menimbulkan masalah pada jantung dengan metode suntik.

Suntikan yang disebut inclisiran tersebut hanya perlu dilakukan dua kali dalam setahun. Inclisiran dipercaya dapat membungkam gen PCSK9 dan membuat hati menyerap lebih banyak kolesterol jahat dari darah dan kemudian memecahnya.

Uji coba dipresentasikan dalam European Society of Cardiology pada tahun lalu, dan menunjukkan bahwa inclisiran dapat memangkas kadar kolesterol jahat dalam waktu setengah minggu. Prof. Kausik Ray dari Imperial College London yang memimpin uji tersebut mengatakan uji coba memberi potensi 'luar biasa'.

Bahkan Sekretaris Kesehatan Inggris, Matt Hancock, seperti dilansir dari BBC, mengatakan jika diterapkan, program tersebut dapat menyelamatkan 30.000 nyawa dalam satu dekade.

Kolesterol sendiri merupakan lemak dalam darah yang diproduksi oleh hati, yang dapat menumpuk dan mempersempit dinding pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko terkena serangan jantung atau stroke.

Meski belum mendapat izin dari badan obat dan makanan, namun Profesor Jacob Georgen dari University of Dundee mengatakan inclisiran memberi pasien akses pada obat-obatan baru yang inovatif.

"Tentu saja ini merupakan langkah maju yang menyenangkan untuk mendapatkan obat baru yang menarik bagi pasien dengan cepat dan aman," kata Dr Riyaz Patel, pemimpin uji klinis untuk pencegahan penyakit kardiovaskular di Barts Health NHS Trust.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS