Sering Sakit Perut di Pagi Hari? Lakukan 5 Langkah Ini untuk Meredakannya

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Sering Sakit Perut di Pagi Hari? Lakukan 5 Langkah Ini untuk Meredakannya
Ilustrasi sakit perut, kram perut, sakit maag. (Shutterstock)

Sakit perut di pagi hari bukan masalah serius, tetapi Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasi ketidaknyamanannya.

Suara.com - Anda pasti pernah mengalami sakit perut tanpa alasan ketika bangun tidur di pagi hari. Hal ini tentu membuat ketidaknyamanan ketika Anda harus segera beraktivitas.

Tetapi, sakit perut di pagi hari dengan gejala tidak jelas pastinya menyebabkan Anda bingung cara mengobatinya. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membantu meredakan sakit perut seperti yang dilansir oleh The Healthy, antara lain:

1. Pergi ke kamar mandi

Sakit perut bagian bawah bisa menjadi tanda sindrom iritasi usus. Tetapi, sakit perut pagi hari juga bisa karena gangguan pencernaan setelah tidur malam.

Cobalah ke kamar mandi, karena buang air besar mungkin bisa mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanannya.

2. Sarapan pagi

Meski sakit perut di pagi hari, jangan pernah melewatkan sarapan. Karena mengisi perut dengan makanan di pagi hari bisa meringankan masalah perut Anda. Tapi, Anda tetap harus menghindari makanan yang bisa memicu masalah pencernaan.

Ilustrasi sarapan [shutterstock]
Ilustrasi sarapan [shutterstock]

3. Hindari minum kopi di pagi hari

Jika refluks lambung menyebabkan masalah perut seperti sakit perut di pagi hari, pertimbangkan untuk mengurangi atau menghindari kafein.

Karena, kafein adalah minuman yang bisa menyebabkan masalah pencernaan. Selain itu, minum kopi dapat melemaskan tekanan pada katup antara kerongkongan dan lambung.

4. Minum obat untuk meringankan rasa sakit perut

Minum obat untuk mengurangi gas bisa membantu meringankan sakit perut di pagi hari. Jika Anda sering melihat gelembung di dalam gelas, fungsi obat ini ibarat memecah gelembung itu.

5. Buat obat alami

Minyak peppermint, jahe dan kunyit bisa membantu meringankan sakit perut yang berhubungan dengan gas dan kembung.

Karena, bahan alami ini membantu mengosongkan perut dan membantu penyerapan makanan. Tapi, sakit perut akibat asam lambung naik perlu menghindari peppermint.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS