alexametrics

Mengidap Cleidocranial Dysplasia, Aktor Stranger Things Cabut 14 Gigi

Yasinta Rahmawati
Mengidap Cleidocranial Dysplasia, Aktor Stranger Things Cabut 14 Gigi
Gaten Matarazzo. (Instagram/@gatenm123)

Cleidocranial dysplasia memengaruhi satu dari 1 juta anak.

Suara.com - Aktor serial Netflix Stranger Things, Gaten Matarazzo baru saja menjalani operasi untuk mencabut 14 gigi tambahan. Ini merupakan operasi ke empat untuk cleidocranial dysplasia, kelainan genetik langka yang mempengaruhi pertumbuhan tulang dan giginya.

Remaja berusia 17 tahun itu memang terbuka dengan kondisinya tersebut. Karena mengidap cleidocranial dysplasia, ia lahir dilahirkan tanpa tulang selangka dan memiliki lebih banyak gigi daripada orang kebanyakan, meskipun tidak tumbuh dengan baik.

Dilansir dari NBC News, Matarazzo mengungkapkan bahwa orang sepertinya yang mengidap cleidocranial dysplasia memiliki gigi lebih yang tumbuh dalam gusi.

"Saya sudah menjalani beberapa operasi untuk mengekstraksi gigi ini dari dalam gusi saya dan membantu mengekspos gigi yang seharusnya sudah tumbuh di dalam mempertimbangkan usia saya," jelasnya dalam sebuah posting Instagram.

Baca Juga: Idap Kelainan Saraf, Wanita Ini Selalu Tidur Setiap Kali Tertawa

"Dalam operasi ini, tim profesional medis yang luar biasa mengekstraksi 14 gigi supernumerary dan mengekspos enam gigi dewasa saya," tambahnya.

Gaten Matarazzo. (Instagram/@gatenm123)
Gaten Matarazzo. (Instagram/@gatenm123)

"Meskipun ekspresiku dalam gambar ini mungkin tidak menunjukkannya, operasi itu sukses total," Matarazzo menulis foto dirinya yang dibalut sembar mengangkat jempol. "Ini sangat besar, mungkin yang terakhir aku butuhkan. Semoga."

Cleidocranial dysplasia yang juga dikenal sebagai CCD, memengaruhi satu dari 1 juta anak dan dapat diturunkan dari orang tua atau disebabkan oleh mutasi acak, menurut CCD Smiles.

Karakteristik umum dari kondisi ini adalah kelainan gigi, tulang selangka yang kurang berkembang atau tidak ada, dan keterlambatan penutupan ruang antara tulang tengkorak.

Tidak ada perawatan khusus untuk kondisi ini, tetapi CCD dapat dikelola dengan perawatan gigi dan operasi untuk memperbaiki segala kelainan tulang.

Baca Juga: Broken Heart Syndrome, Kelainan Jantung Akibat Patah Hati?

Komentar