Sakit Perut, Ditemukan Kista Besar Berisi Rambut di Ovarium Wanita Ini

Yasinta Rahmawati
Sakit Perut, Ditemukan Kista Besar Berisi Rambut di Ovarium Wanita Ini

Kista besar itu kemudian diketahui sebagai kista dermoid.

Suara.com - Seorang ibu dua anak dari Rusia memiliki dua kista besar berisi rambut yang berhasil diangkat dari ovarium. wanita berusia 30 tahun itu pergi ke rumah sakit usai menderita sakit perut.

Dokter mengatakan beberapa helai rambut memiliki panjang lima inci, dengan kista di setiap ovarium yang beratnya 4 ons (113 gram).

Pertumbuhan kista tersebut kemudian diketahui merupakan kista dermoid, yang terbuat dari sel reproduksi yang dapat berubah menjadi berbagai jaringan manusia seperti rambut, kulit dan bahkan gigi.

Dilansir dari Daily Mail, kista dermoid adalah bentuk yang sangat jarang dari kista ovarium, yang umum pada wanita dan kadang-kadang dapat menyebabkan nyeri panggul dan kembung.

Kista dermoid berkembang dari sel-sel embrionik yang tinggal dalam semacam limbo perkembangan setelah kelahiran seseorang.

Untuk alasan ini, sel-sel memiliki semua yang mereka butuhkan untuk berubah menjadi salah satu dari beberapa jenis jaringan di kemudian hari.

Ilustrasi sakit perut, tanda hamil. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit perut. (Shutterstock)

Dr. Tatania Shavrak, yang mengoperasi wanita Rusia di Kolomna Perinatal Center, dekat Moskow, mengatakan bahwa kista dermoid adalah tumor ovarium yang bukan kanker.

"Mereka adalah kapsul dengan dinding agak tebal yang terdiri dari lendir yang dicampur dengan berbagai jaringan manusia," ujarnya.

"Di dalam kista kita menemukan lapisan atas kulit, lemak, rambut, tulang, dan bahkan gigi kita," tambahnya lagi.

Untungnya kista berhasil dihilangkan hanya dengan sayatan kecil dan sistem reproduksi wanita tersebut tidak terpengaruh.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS