alexametrics

Gara-Gara Ditendang Keledai, Testis Pria Ini Harus Diangkat

Yasinta Rahmawati
Gara-Gara Ditendang Keledai, Testis Pria Ini Harus Diangkat

Tendangan traumatis pada pangkal paha membuat kanker usus besarnya menyebar ke testis.

Suara.com - Pria berusia 53 tahun yang tidak disebutkan namanya, harus menjalani pembedahan testis saat menjalani kemoterapi untuk kanker usus besar.

Dilansir dari Daily Mail, dokter di Iowa City menemukan massa selama pemindaian setelah pasien melaporkan adanya benjolan pada skrotumnya.

Benjolan itu sudah ada di sana sejak pria itu ditendang oleh bagal (peranakan keledai) pada usia 33 tahun. Tetapi dia mengatakan benjolan itu baru tumbuh pesat pada tahun lalu.

Ahli bedah menemukan tumor sebagian besar pada epididimis pria, tabung yang mengangkut sperma keluar dari testis.

Baca Juga: Wow! Minyak Ikan Bisa Dongkrak Jumlah Sperma dan Testis Lebih Besar?

Adalah normal untuk kanker usus menyebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh limfatik, bagian dari sistem kekebalan yang berjalan di seluruh tubuh.

Kasus-kasus kanker yang 'tidak biasa' menyebar seperti ini termasuk kondisi langka karena hanya dilaporkan lima kali dalam literatur medis.

Ilustrasi kesehatan organ reproduksi lelaki. (sumber: Medic Magic)
Ilustrasi kesehatan organ reproduksi lelaki. (sumber: Medic Magic)

Menulis di jurnal medis BMJ Case Reports, ahli urologi dr. Moshe Wald di University of Iowa mengatakan kasus khusus pria itu 'unik'.

Awalnya ria tersebut pergi ke sebuah klinik pada Juni 2018 khawatir tentang benjolan di skrotum kanannya yang semakin besar dalam satu tahun terakhir.

Benjolan sudah ada di sana selama hampir 20 tahun tanpa menimbulkan rasa sakit atau masalah, kata pria itu. Pemindaian pun menunjukkan tumor 1,1 cm (0,4 in) di pangkal testisnya selama pemindaian yang pada awalnya diyakini jinak (non-kanker).

Baca Juga: Terinfeksi Cacing, Kulit Testis Kakek Ini Mengeras seperti Kulit Telur

Namun, pada pemeriksaan tiga bulan kemudian, pemindaian bagian dalam testisnya menunjukkan jaringan abnormal tumbuh. Menjadi jelas itu adalah infeksi atau kanker.

Komentar