Lucinta Luna Pernah Transplantasi Rambut, Bagaimana Prosedur Operasinya?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Lucinta Luna Pernah Transplantasi Rambut, Bagaimana Prosedur Operasinya?
Lucinta Luna [Suara.com/Revi]

Lucinta Luna tidak hanya menderita dysphoria gender, tetapi juga pernah melakukan operasi transplantasi rambut.

Suara.com - Tersangka narkoba Lucinta Luna tidak hanya mengidap dysphoria gender, tetapi juga pernah menjalani tranplantasi rambut kepala atau cangkok rambut.

Joana, manager Lucinta Luna membenarkan bahwa artisnya itu harus mengonsumsi obat penenang karena kondisi mentalnya. Joana juga bercerita salah satu obat yang dikonsumsi Lucinta Luna merupakan obat pereda rasa sakit.

Joana mengatakan Lucinta Luna selalu mengonsumsi obat pereda rasa sakit itu setiap kali merasa kesakitan di bagian bekas operasi cangkok rambut. Apalagi Lucinta Luna juga cukup sering menerima endorse perawatan kecantikan.

"Iya (ada obat untuk penghilang sakit). Luna kan kadang-kadang ada endorse filler. Terkadang dia bilang ada rasa sakit, dia ada bekas operasi implan rambut di kepala," kata Joana dalam acara Rumpi Trans TV (12/2/2020).

"Jadi dia kadang harus minum obat itu untuk menghilangkan rasa sakit di kepalanya. Terus kepalanya di belakang juga dibelah untuk cangkok rambut, itu dia konsumsi," lanjutnya.

Implan atau transplantasi rambut seperti Lucinta Luna adalah prosedur memindahkan rambut ke bagian kepala yang botak. Prosedur transplantasi rambut ini dilakukan oleh dokter bedah dengan anestesi lokal.

Lucinta Luna [Herwanto/Suara.com]
Lucinta Luna [Herwanto/Suara.com]

Seseorang yang ingin melakukan prosedur ini harus memiliki rambut yang cukup sehat di bagian belakang dan samping kepala. Sehingga dilansir oleh Web MD, rambut bisa ditransplantasi atau dicangkok ke area yang tipis dan botak.

Prosedur operasi transplantasi rambut

Dokter bedah melakukan prosedur ini dengan mengangkat potongan-potongan kecil atau cangkok dari kulit kepala dari area yang botak.

Dokter bedah akan memasukkan cangkok rambut ke dalam celah kecil atau lubang di kulit kepala yang botak atau tipis. Cangkok rambut yang tunggal biasanya digunakan untuk garis rambut lunak.

Operasi transplantasi rambut ini akan memakan waktu hingga 8 jam, tetapi biasanya Anda diizinkan pulang di hari yang sama.

Namun, lamanya waktu operasi ini juga tergantung pada seberapa padat rambut yang diinginkan dan banyaknya kulit kepala yang diperlukan.

Seseorang mungkin bisa membutuhkan beberapa kali operasi hingga berbulan-bulan. Bahkan proses transplantasi rambut ini bisa memakan waktu 2 tahun.

Lucinta Luna di Polres Metro Jakarta Barat [Suara.com/Ismail]
Lucinta Luna di Polres Metro Jakarta Barat [Suara.com/Ismail]

Apa yang terjadi setelah transplantasi rambut?

Pada hari pertama dan kedua, biasanya orang akan merasakan sakit, tidak nyaman hingga bengkak akibat transplantasi rambut. Lalu beberapa minggu, sebagian besar rambut akan mengalami kerontokan yang merupakan hal normal.

Rambut akan mulai tumbuh kembali dalam 3 hingga 4 bulan, sekitar setengah inci per bulan. Namun, orang juga harus minum obat finasteride tanpa batas waktu agar tidak kehilangan rambut yang tumbuh secara alami.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS