Kate Middleton Selalu Lakukan Hypnobirthing sebelum Persalinan, Apa Itu?

Irwan Febri Rialdi | Rosiana Chozanah
Kate Middleton Selalu Lakukan Hypnobirthing sebelum Persalinan, Apa Itu?
Kate Middleton Pascapersalinan di rumah sakit St. Mary, Paddington, London, Senin (23/4).

Duchess of Cambridge mengatakan ia selalu melakukan hypnobirthing sebelum melahirkan ketika anak-anaknya.

Suara.com - Duchess of Cambridge, Catherine Middleton, mengungkapkan dirinya melakukan teknik hypnobirthing sebelum persalinan ketiga anaknya, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

Dilansir Today, teknik ini juga disebut dapat mengatasi kondisi hiperemesis gravidarum yang dirasakan Kate Middleton selama kehamilannya.

"Itu terjadi selama hiperemesis, aku benar-benar sadar akan kekuatan pikiran terhadap tubuh, karena aku benar-benar harus mencoba segala hal yang dapat membantuku melaluinya," kata Kate, dalam sebuah podcast 'Happy Mum, Happy Baby' yang disiarkan pada Sabtu (15/2/2020).

Hypnobirthing merupakan teknik hipnosis yang membantu perempuan dalam mengatasi ketakutan, ketegangan, dan nyeri yang membuat persalinan menjadi lebih sulit.

Teknik ini diciptakan oleh ahli hipnoterapi Marie "Mickey" Mongan, M.Ed., M.Hy, yang juga bekerja di Hardvard University Ford Foundation.

Kate Middleton. (Instagram/@kensingtonroyal)
Kate Middleton. (Instagram/@kensingtonroyal)

Berdasarkan laporan Parents, Mongan percaya bahwa sindrom yang dirasakan sebelum melahirkan itu sebenarnya menyebabkan darah mengalir dari organ yang tidak penting, seperti dari rahim ke sekelompok otot besar di kaki. Dan ia percaya melalui hipnosis, hal itu dapat dicegah.

Mongan juga percaya, dengan bantuan hipnosis seorang permepuan dapat membawa tubuhnya ke dalam keadaan relaksasi yang dalam, di mana otot-otot tubuh dapat bekerja dengan cara yang seharusnya selama persalinan.

Proses hypnobirthing didasarkan pada sugesti. Ibu hamil akan mendengarkan saran dan visualisasi untuk merilekskan tubuhnya, membimbing pikiran, dan mengendalikan napasnya.

Pangeran William dan Kate Middleton Pascapersalinan di rumah sakit St. Mary, Paddington, London, Senin (23/4).
Pangeran William dan Kate Middleton pascapersalinan di rumah sakit St. Mary, Paddington, London, Senin (23/4).

Hal ini dapat dilakukan sendiri (self-hypnosis) atau menerima bantuan dari ahli hipnoterapi.

Alih-alih merasakan sakit, wanita yang sudah melakukan hypnobirthing menggambarkan pengalaman itu sebagai 'lonjakan' atau 'gelombang', bukan kontraksi.

Sedangkan untuk Kate, teknik yang dilakukannya adalah self-hypnosis.

"Aku tidak mengatakan kalau William berdiri di sana, melantunkan kata-kata manis padaku. Dia jelas tidak (melakukannya). Ini adalah sesuatu yang aku ingin lakukan untuk diriku sendiri. Aku melihat kekuatannya," tandas Sang Duchess.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS