Bahaya Meneguk Satu Gelas Minuman Manis Setiap Hari di Usia Paruh Baya

Yasinta Rahmawati

Sabtu, 29 Februari 2020 | 15:44 WIB
Bahaya Meneguk Satu Gelas Minuman Manis Setiap Hari di Usia Paruh Baya

Suara.com - Hanya dengan satu minuman manis sehari di usia paruh baya, dapat membuat kolesterol melonjak dan menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Dilansir dari Express, sebuah penelitian terhadap hampir 6.000 orang Amerika di atas 40, yang dilacak selama sekitar 12 tahun, menemukan bahwa orang yang secara teratur minum minuman ringan bergula memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi.

Mereka 53 persen lebih mungkin untuk memiliki sejumlah besar lemak jahat yang disebut trigliserida yang terkumpul di pembuluh dan arteri.

Enam dari 10 telah meningkatkan kadar trigliserida lemak dalam darah, suatu kondisi yang dikenal sebagai dislipidemia.

Profesor Nicola McKeown, dari Tufts University di Massachusetts, Amerika Serikat, mengatakan hasilnya menunjukkan asupan minuman yang tinggi dengan tambahan gula, seperti soda, limun atau minuman buah dapat memengaruhi risiko dislipidemia seiring bertambahnya usia.

Ilustrasi minuman bersoda. (sumber: Visualphotos)
Ilustrasi minuman bersoda. (sumber: Visualphotos)

"Salah satu strategi untuk membantu menjaga kadar kolesterol dan trigliserida darah yang lebih sehat adalah dengan menghindari minuman dengan tambahan gula. Kita lebih baik memuaskan dahaga kita dengan air," jelasnya.

Studi tersebut, yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association, juga mempelajari jus buah dan minuman diet, tetapi tidak menemukan hubungan yang konsisten dengan perubahan buruk pada kolesterol dan peningkatan risiko dislipidemia.

"Penelitian tentang konsumsi jangka panjang soda diet untuk kesehatan tidak dapat disimpulkan, jadi lebih bijaksana untuk mengatakan bahwa minuman soda diet seharusnya hanya menjadi kesenangan sesekali," ungkapnya.

Minuman bersoda telah dikaitkan dengan kondisi lain termasuk kanker, diabetes dan kerusakan hati.

baca juga

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Harga Gula Pasir di Jogja Masih Tinggi, Disperindag: Turun dari Pekan Lalu

Harga Gula Pasir di Jogja Masih Tinggi, Disperindag: Turun dari Pekan Lalu

Jogja | Jum'at, 28 Februari 2020 | 12:20 WIB

Makan Junk Food 2 Minggu, Mahasiswa Ini Merasa Perutnya Mau Meledak

Makan Junk Food 2 Minggu, Mahasiswa Ini Merasa Perutnya Mau Meledak

Health | Rabu, 26 Februari 2020 | 11:46 WIB

Tidak Hanya Kesehatan Fisik,  Gula Juga Memengaruhi Mental

Tidak Hanya Kesehatan Fisik, Gula Juga Memengaruhi Mental

Health | Rabu, 15 Januari 2020 | 17:00 WIB

Terkini

4 Shio Paling Beruntung pada 14 Agustus 2026, Akhirnya Gak Kesepian Lagi

4 Shio Paling Beruntung pada 14 Agustus 2026, Akhirnya Gak Kesepian Lagi

Lifestyle | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:25 WIB

Paradoks AI, Ciptakan Pengangguran Massal Hingga Krisis Air di India

Paradoks AI, Ciptakan Pengangguran Massal Hingga Krisis Air di India

News | Jum'at, 14 Agustus 2026 | 06:17 WIB

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:39 WIB

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:31 WIB

Tanggapi Insiden Tukang Cukur di Rancabungur, Bupati Bogor: Mari Bersama Maknai Kemerdekaan

Tanggapi Insiden Tukang Cukur di Rancabungur, Bupati Bogor: Mari Bersama Maknai Kemerdekaan

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:14 WIB

Cara Seru Jakarta Ajak Ratusan Pelajar Kenali Pariwisata Berkelanjutan

Cara Seru Jakarta Ajak Ratusan Pelajar Kenali Pariwisata Berkelanjutan

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:11 WIB

Nekat Panjat Atap Hingga Bakar Dua Motor, Evakuasi Pria ODGJ di Cibadak Sukabumi Menegangkan

Nekat Panjat Atap Hingga Bakar Dua Motor, Evakuasi Pria ODGJ di Cibadak Sukabumi Menegangkan

Jabar | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:52 WIB

BRI Perluas Akses Pembiayaan KUR Petani di Bengkayang Guna Swasembada Pangan

BRI Perluas Akses Pembiayaan KUR Petani di Bengkayang Guna Swasembada Pangan

Bri | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:43 WIB

Retribusi Melempem, Benyamin Davnie Bentuk Perseroda 'Citra Anggrek Mandiri' Kelola Pasar Tangsel

Retribusi Melempem, Benyamin Davnie Bentuk Perseroda 'Citra Anggrek Mandiri' Kelola Pasar Tangsel

Banten | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:35 WIB

Geledah Jateng-Jatim, KPK Cari Bukti untuk Tetapkan Tersangka Baru dalam Kasus Suap Pajak

Geledah Jateng-Jatim, KPK Cari Bukti untuk Tetapkan Tersangka Baru dalam Kasus Suap Pajak

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:29 WIB

×