Wali Kota Bogor Bima Arya Positif Corona, 5 Pejabat Ini yang Juga Positif

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Wali Kota Bogor Bima Arya Positif Corona, 5 Pejabat Ini yang Juga Positif
Wali kota Bogor, Bima Arya, positif Covid-19 (Suara.com/Zian Alfath)

Bima Arya bukan satu-satunya pejabat publik yang positif virus Corona Covid-19. Siapa lagi?

Suara.com - Wali Kota Bogor Bima Arya Positif Corona, 5 Pejabat Ini yang Juga Positif

Kabar Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto positif coronavirus SARS CoV 2 atau penyakit Covid-19 mengagetkan publik. Pasalnya Bima Arya gencar mengedukasi warganya untuk menerapkan pola hidup bersih.

Pemeriksaan swab terhadap Bima dilakukan usai ia pulang dari Azerbaijan dan Turki. Padahal setelahnya Bima dan para pejabat Pemkot sudah melaksanakan protokol sebagai orang dalan pemantauan (ODP). Kini, Bima dan seorang pegawai Pemkot menjalani proses isolasi di RSUD Kota Bogor selama 14 hari mendatang.

Bima bukan satu-satunya penjabat yang dinyatakan positif terinfeksi penyakit Covid-19. Berikut 5 pejabat di pemerintahan yang dinyatakan terinfeksi Covid-19, hasil rangkuman suara.com, Jumat (20/3/2020).

1. Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi

Nama Budi Karya sempat ramai dibicarakan publik sebelum Bima Arya dinyatakan positif Covid-19. Menhub Budi dinyatakan positif setelah mengalami sakit cukup lama, hingga mengalami sesak napas.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berada di Bandara Soetta, Tangerang. (Suara.com/Moh Fadil Djailani).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berada di Bandara Soetta, Tangerang. (Suara.com/Moh Fadil Djailani).

Budi sendiri memang diketahui memiliki penyakit asma, dan ia berada digarda terdepan sewaktu mengurus berbagai pintu masuk di tanah air, demi mencegah persebaran virus.

"Beliau salah satu pejabat yang banyak melakukan kunjungan, termasuk ke tempat vital dan mengontrol alat masuk di negara kita," ujar Wakil Kepala RSPAD Gatot Soebroto Brigadir Jenderal TNI, dr. A. Budu Sulistya di Kemensesneg, Jakarta Pusat, Sabtu, (14/3/2020).

2. Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries

Nadine Dorries dinyatakan lebih dulu positif Covid-19 sebelum Budi Karya Sumadi, yakni pada 11 Maret 2020. Nadine juga jadi orang pertama di parlemen Inggris yang terkena Covid-19.

Wakil Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries. (Foto: via BBC)
Wakil Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries. (Foto: via BBC)

Setelahnya Kementerian Kesehatan Inggris langsung melakukan penelusuran atau contact tracing mereka yang kontak dekat dengan Nadine Dorries, untuk meminimalis penularan. Unik usai positif Nadine langsung mengisolasi diri di rumahnya selama 14 hari.

Perempuan berusia 62 tahun itu, justru lebih mengkhawatirjan ibunya yang sudah berusia 84 tahun dan tinggal serumah dengannya. "Lebih khawatir dengan ibuku yang berusia 84 tahun yang tinggal denganku dan mulai batuk-batuk," ungkap Nadine beberapa waktu lalu.

Selanjutnya: Presiden Brasil hingga istri PM Prancis

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS