Pemerintah India Keluarkan Pedoman Suhu AC yang Baik untuk Usir Corona

Angga Roni Priambodo | Rosiana Chozanah
Pemerintah India Keluarkan Pedoman Suhu AC yang Baik untuk Usir Corona
Ilustrasi tidur di ruangan ber-AC. (Shutterstock)

Meski penelitian belum yakin berapa suhu sebenarnya untuk mematikan virus corona.

Suara.com - Pakar kesehatan telah mengimbau tentang penggunaan Air Conditioner atau AC selama masa pandemi Covid-19. Beberapa penelitian menemukan bahwa suhu yang lebih tinggi atau panas berkaitan dengan kasus Covid-19 yang lebih rendah.

Untuk melihat efek suhu dan kelembapan pada penularan virus, satu studi mengevaluasi 80.981 kasus Covid-19 di seluruh daratan China antara 20 Januari hingga 29 Februari.

Mereka menemukan suhu optimal untuk penularan virus adalah 10 derajat Celcius, dan suhu yang lebih rendah atau lebih tinggi dapat menekannya. Namun, tidak ditemukan kaitan sama sekali dengan kelembapan.

Tetapi ada juga beberapa penelitian yang menemukan sebaliknya. Salah satunya, studi yang menunjukkan virus tampaknya menyebar lebih baik di cuaca saat musim panas.

Studi ini mengidentifikasi suhu optimal untuk penularan virus berada di 19 derajat Celicus, kelembapan 75% dan curah hujan bulanan kurang dari 30 milimeter.

Pemerintah India Keluarkan Pedoman Suhu AC yang Baik untuk Usir Corona - 1
Ilustrasi AC (Shutterstock)

Namun, para peneliti di Universitas Harvard tidak menemukan perbedaan yang signifikan dalam tingkat penularan antara provinsi dingin serta kering, dan yang tropis di China.

Mereka menyimpulkan suhu dan kelembapan yang lebih tinggi tidak akan serta merta menyebabkan penurunan jumlah kasus.

Sebab, bukti sejauh ini saling bertentangan, efek cuaca pada Covid-19 masih diperdebatkan.

Sementara itu, dilansir The Health Site, pemerintah India mengeluarkan pedoman yang memberi tahu berapa suhu optimal AC dan pendingin lainnya di tengah wabah virus corona, pada Sabtu (25/4/2020).

Pendingin udara/ AC

Suhu AC untuk rumahan harus antara 24 hingga 30 derajat Celcius dan kelembapan harus di antara 40% hingga 70%.

"Resirkulasi udara dingin oleh pendingin ruangan harus disertai dengan sirkulasi udara luar melalui jendela yang sedikit terbuka dan pembuangan melalui ventilasi," kata pemerintah.

Ilustrasi lelaki tidur dengan kipas angin mengarah ke tubuhnya. (Shutterstock)
Ilustrasi lelaki tidur dengan kipas angin (Shutterstock)

Pendingin ruangan di fasilitas industri

Pemerintah setempat menganjurkan ventilasi dengan udara luar sebanyak mungkin di fasilitas produksi atau industri. Udara buangan mekanis harus terdiri dari 70% hingga 80% dari jumlah udara segar untuk mempertahankan tekanan positif yang diperlukan di ruangan.

Kipas Angin

Biarkan jendela terbuka sebagian saat menggunakan kipas angin listrik, kata pemerintah India. Jangan lupa untuk selalu membuka ventilasi udara.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS