alexametrics

McClintock Effect, Ketika Siklus Menstruasi Seirama dengan Teman Dekat

Yasinta Rahmawati
McClintock Effect, Ketika Siklus Menstruasi Seirama dengan Teman Dekat

McClintock Effect sampai saat ini masih dipercaya sebagai teori di mana siklus menstruasi dengan teman dekat bisa tersinkronisasi.

Suara.com - Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa orang-orang yang dekat dengan Anda, selalu memulai menstruasi pada saat yang sama? Rupanya, ada istilah untuk menyebut fenomena ini, yakni dikenal sebagai Period Sync atau McClintock Effect.

Dilansir dari Healthline, ini adalah proses ketika wanita yang tinggal atau berinteraksi secara dekat mengalami sinkronisasi siklus menstruasi.

Proses sinkronisasi siklus mentruasi ini pertama kali ditulis oleh Martha McClintock. Ia melakukan penelitian terhadap 135 mahasiswi yang tinggal di asrama bersama untuk melihat apakah siklus menstruasi mereka selaras.

Ia menyatakan saat wanita yang tinggal berdekatan satu sama lain atau pada dasarnya menghabiskan banyak waktu bersama, biasanya mengalami sinkronisasi dalam siklus menstruasi mereka.

Baca Juga: ART Ashanty Sakit Tumor Rahim, Waspada Gejala Kram Menstruasi!

Sayangnya, penelitian ini tidak menguji faktor siklus lainnya, seperti ketika wanita berovulasi. Ia hanya melacak ketika perdarahan bulanan wanita dimulai.

Ilustrasi perempuan sedang alami menstruasi. [shutterstock]
Ilustrasi perempuan sedang alami menstruasi. [shutterstock]

Meskipun McClintock Effect diyakini benar keadaannya, penelitian lain dengan tidak mendukung kesimpulan asli Martha McClintock.

Pada tahun 2006, sebuah studi baru membuat pernyataan bahwa "wanita tidak menyinkronkan siklus menstruasi mereka."

Studi ini mengumpulkan data dari 186 wanita yang tinggal dalam kelompok di asrama di China. Setiap periode sinkronisasi yang tampaknya terjadi, studi menyimpulkan, berada dalam ranah kebetulan matematika.

Di sisi lain, sebuah studi besar yang dilakukan oleh Universitas Oxford dan perusahaan aplikasi pelacakan periode, Clue, merupakan pukulan terbesar terhadap teori McClintock Effect.

Baca Juga: Bule Protes Larangan Menstruasi di Pura, Netizen: Gak Pernah Ketempelan

Ilustrasi perempuan minum boba. (Shutterstock)
Ilustrasi teman dekat. (Shutterstock)

Data dari lebih 1.500 orang menunjukkan bahwa tidak mungkin wanita dapat mengganggu siklus menstruasi satu sama lain dengan berdekatan satu sama lain.

Komentar