alexametrics

Kotoran Bisa Prediksi Virus Corona Covid-19 Lebih Awal, ini Temuan Peneliti

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Kotoran Bisa Prediksi Virus Corona Covid-19 Lebih Awal, ini Temuan Peneliti
Ilustrasi lubang limbah. (Shutterstocks)

Peneliti menemukan bahwa hasil analisis kotoran bisa memprediksi virus corona Covid-19 lebih awal.

Suara.com - Beberapa waktu sebelumnya sempat dikatakan virus corona Covid-19 masih bisa bertahan hidup di dalam limbah. Ternyata kotoran juga bisa memprediksi wabah virus corona seminggu sebelumnya.

Para ilmuwan dari Universitas Yale, Amerika Serikat menemukan bahwa genetik virus corona Covid-19 dalam air limbah akan melonjak sebelum tes menunjukkan hasil positif.

Para ahli dilansir oleh The Sun, mengatakan bahwa memonitor limbah bisa menjadi indikator untuk penyebaran infeksi dan memungkinkan pemerintah menerapkan masa karantina lokal untuk menghentikan penyebaran.

Temuan ini terjadi setelah penelitian awal epidemi mengatakan bahwa manusia bisa meninggalkan sisa virus corona Covid-19 dalam fesesnya.

Baca Juga: Bayi Satu Bulan di Lumajang Terkonfirmasi Positif Corona

Peneliti dari Yale di New Heaven, Connecticut memutuskan untuk mulai mencari fasilitas pengolahan limbah di kota guna mencari tanda-tanda virus.

Ilustrasi virus corona. [Shutterstock]
Ilustrasi virus corona. [Shutterstock]

Mereka memantau pembuangan kotoran di pabrik, yang mengolah air limbah dari sekitar 200 ribu penduduk selama 6 minggu, antara 19 Maret sampai 20 Mei 2020.

Tim peneliti menemukan bahwa kadar materi genetik akan melonjak sekitar 7 hari sebelum ada peningkatan serupa dalam tes positif virus corona Covid-19.

Mereka juga mencatat bahwa setiap sampel lumpur yang dianalisis mengandung jejak materi genetik virus yang dikenal sebagai RNA.

Berdasarkan data tes, jumlah orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 dan menjalani rawat inap di New Heaven melonjak pada 12 April 2020.

Baca Juga: Benarkah Virus Corona Buatan Manusia? Studi Baru Ini Ungkap Faktanya

Tapi, para ahli menemukan bahwa tingkat konsentrasi virus corona Covid-19 memuncak di saluran pembuangan kota 3 hari sebelumnya.

Komentar