facebook

4 Kategori Perlengkapan Bayi yang Harus Dimiliki oleh Ibu Baru

Vania Rossa
4 Kategori Perlengkapan Bayi yang Harus Dimiliki oleh Ibu Baru
Ibu hamil belanja perlengkapan bayi. (Shutterstock)

Bingung menentukan prioritas perlengkapan bayi yang harus dibeli? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Suara.com - Bagi calon ibu, ada satu hal yang wajib dilakukan sebelum melahirkan, yaitu belanja perlengkapan bayi. Tapi, seringkali sebagai calon ibu baru, kita bingung menentukan prioritas barang apa saja yang perlu dibeli.

Mothercare, penyedia kebutuhan bayi dan anak, menyarankan 4 kategori perlengkapan bayi yang sebaiknya disiapkan oleh ibu baru untuk memudahkan mereka merawat bayinya dengan nyaman. Ini dia, berdasarkan rilis yang diterima Suara.com

1. Perlengkapan tidur

Baju tidur bayi, perlengkapan bayi. (Mothercare)
Baju tidur bayi, perlengkapan bayi. (Mothercare)

Tidur yang berkualitas sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Oleh sebab itu, lingkungan, tempat, dan pakaian yang nyaman diperlukan agar anak dapat tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Sambut Anak Pertama, Chacha Frederica Belum Belanja Perlengkapan Bayi

Barang yang diperlukan untuk mendukung bayi agar tidur lebih nyenyak di antaranya adalah sleepsuit yang merupakan baju tidur yang tertutup hingga kaki, swaddle blanket yang merupakan kain bedong yang membantu bayi merasa aman saat ia menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim, tempat tidur bayi dengan rangka yang kuat dan kasur yang empuk, serta baby bouncer yang merupakan kursi goyang yang memungkinkan bayi duduk dengan semi berbaring yang memiliki efek menenangkan dan bahkan dapat membuat mereka tertidur.

2. Perlengkapan menyusui

Hal esensial yang harus dimiliki oleh ibu menyusui adalah breastpump, breast pad, tempat penyimpanan susu yang bisa berupa botol ataupun breastmilk storage bag. Dan khusus untuk ibu bekerja, jangan lupakan cooler bag untuk menyimpan susu.

Nipple cream juga perlu disiapkan di rumah. Oleskan pada area puting setelah menyusui dan setelah membilas area liur bayi dan menepuknya sampai kering. Bersihkan area puting terlebih dahulu sebelum kembali menyusui.

Untuk menyusui lebih nyaman dan membuat ibu tidak merasa pegal, nursing pillow juga bisa dijadikan opsi. Pilih bantal menyusui yang sesuai dengan tubuh Anda.

Baca Juga: Ini Sosok yang Sebenarnya Paling Dibutuhkan oleh Seorang Ibu Baru

3. Perlengkapan bepergian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar