Tips Bersepeda Aman di Masa Pandemi: Pakai Masker dan Cek Kesehatan

M. Reza Sulaiman
Tips Bersepeda Aman di Masa Pandemi: Pakai Masker dan Cek Kesehatan
Ilustrasi pesepeda (Unsplash/Blubel)

Agar kesehatan dan keselamatan diri tetap terjaga, perhatikan tips aman bersepeda ini ya!

Suara.com - Sepeda kembali menjadi tren di tengah masa adaptasi new normal pandemi Covid-19. Agar kesehatan dan keselamatan diri tetap terjaga, perhatikan tips aman bersepeda ini.

Pertama, selalu gunakan masker saat bersepeda keluar rumah. Kementerian Kesehatan mengingatkan masyarakat untuk mengenakan masker saat berada di luar rumah sebagai bagian dari protokol kesehatan yang wajib ditaati.

Pakar kesehatan juga menyarankan penggunaan masker termasuk saat berolahraga namun mempertimbangkan juga jenis olahraga yang dilakukan dan jenis masker.

Masker yang disarankan masker kain dengan bahan yang tidak menyulitkan saat Anda bernapas, semisal katun. Masker pun diusahakan tidak terlalu ketat pada wajah.

Di sisi lain, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Vito A. Damay mengingatkan orang yang melakukan olahraga termasuk bersepeda harus memperhatikan kondisi tubuhnya.

"Orang naik sepeda mungkin tidak sadar punya penyakit jantung, aneurisma. Naik sepeda hal yang baik namun harus memperhatikan kondisi tubuh," kata dia.

Vito menyarankan Anda melakukan pemeriksaan medis menyeluruh (MCU) untuk mendeteksi penyakit yang mungkin tersembunyi sehingga bisa ditangani dini dan Anda bisa berolahraga secara aman.

"Kalau dideteksi dari awal, Anda bisa tahu jika ada sesuatu yang bisa diperbaiki sehingga saat olahraga bisa dilakukan aman," tutur dia. [ANTARA]

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS