Penting! Ketahui Cara Tetap Makan Makanan Sehat meski Sedang Stres

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Penting! Ketahui Cara Tetap Makan Makanan Sehat meski Sedang Stres
Ilustrasi tidak nafsu makan. (Shutterstock)

Meski selama stres nafsu makan berkurang, Anda tetap membutuhkannya.

Suara.com - Stres memiliki pengaruh besar pada kemampuan seseorang untuk makan secara baik. Namun, makan tidak teratur juga dapat menyebabkan lebih banyak stres, perubahan suasana hati, dan semakin memburuknya kesehatan.

"Aspek gizi yang paling penting adalah Anda cukup makan. Respon stres dapat mengurangi selera makan, tetapi itu tidak mengubah kebutuhan kita akan makanan," kata Rachael Hartley, ahli gizi.

Tapi, ada beberapa solusi sederhana agar Anda dapat mengonsumsi makanan sehat meski sedang stres, seperti yang dilansir dari Insider:

1. Buat jadwal dan patuhi

Ahli gizi Brigitte Zeitlin dan pemilik BZ Nutrition merekomendasikan untuk membuat rutinitas makan. Menurutnya, ini akan membantu Anda ingat untuk tetap makan secara konsisten meski sedang kehilangan selera.

"Manusia secara alami lebih nyaman ketika ada batasan. Pola dalam keseharian Anda akan membantu secara alami mengurangi stres dan kecemasan, dan menambahkan sedikit perawatan diri," katanya.

2. Tidak membuka media sosial sebelum sarapan

Zeitlin merekomendasikan untuk menghindari segala jenis kegiatan yang berhubungan dengan gadget selama 30 hingga 45 menit pertama setelah bangun. Sebagai gantinya, minum air putih dan makan makanan sehat saat sarapan.

"Jangan melewatkan sarapan, itu tidak bisa dinegosiasikan," kata Zeitlin.

Ilustrasi Makan Buah dan Sayur untuk Jaga Kesehatan Usus. (Shutterstock)
Ilustrasi Makan Buah dan Sayur untuk Jaga Kesehatan Usus. (Shutterstock)

3. Rencanakan makanan ringan

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS