Merasa Sakit dan Iritasi, Ternyata Ada Cacing di Tenggorokan Wanita Ini

Irwan Febri Rialdi | Rosiana Chozanah
Merasa Sakit dan Iritasi, Ternyata Ada Cacing di Tenggorokan Wanita Ini
Ilustrasi tenggorokan tidak enak (Shutterstock)

Sang wanita mengaku baru saja makan sashimi.

Suara.com - Seorang wanita di Jepang diberi tahu oleh dokter bahwa di amandelnya terdapat seekor cacing. Sebelumnya, ia merasa ada yang salah dengan tenggorokannya.

Wanita berusia 25 tahun itu mengalami sakit tenggorokan dan iritasi selama lima hari setelah makan berbagai macam sashimi.

Berdasarkan sebuah studi kasus yang terbit di The American Society of Tropical Medicine and Hygiene, wanita ini menjalani pemeriksaan fisik di Rumah Sakit Internasional St. Luke di Tokyo.

Petugas medis mengidentifikasi seekor cacing hitam, yang panjangnya 38 milimeter dan masih bergerak di dalam amandel kiri wanita itu. Dokter pun mengeluarkan makhluk itu menggunakan pinset.

Pengujian DNA pada cacing mengidentifikasi itu sebagai larva tahap keempat "Pseudoterranova azaras," cacing gelang parasit.

Ilustrasi cacing (Shutterstock)

Parasit menginfeksi perut setelah inang telah mengkonsumsi larva dalam ikan laut mentah atau kurang matang, kata penelitian itu.

Ini bukan kasus pertama, ada lebih dari 700 kasus dilaporkan di Jepang, negara-negara Pasifik Utara, Amerika Selatan, dan Belanda.

Dilansir CNN Internasional, hasil tes darah wanita itu normal dan gejalanya cepat membaik setelah cacing diangkat.

Menurut laporan 2017 yang diterbitkan dalam BMJ Case Reports, anisakiasis, penyakit yang disebabkan oleh makan ikan atau makanan laut yang terkontaminasi parasit, meningkat di negara-negara Barat setelah makan sushi dan hidangan ikan atau makanan laut mentah serta kurang matang semakin populer.

Dalam satu kasus tertentu, seorang pria berusia 32 tahun yang sebelumnya sehat ditemukan memiliki membran usus bengkak dengan parasit yang melekat kuat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS