facebook

Hand Sanitizer Gel Bisa Sebabkan Luka Bakar, Kok Bisa?

Silfa Humairah Utami | Shevinna Putti Anggraeni
Hand Sanitizer Gel Bisa Sebabkan Luka Bakar, Kok Bisa?
Ilustrasi hand sanitizer gel (Shutterstock)

Ahli mengungkapkan bahwa hand sanitizer gel bisa menyebabkan luka bakar dan kulit melepuh.

Suara.com - Di era new normal sekarang ini, semua orang disarankan menjaga jarak, sering mencuci tangan dan membawa hand sanitizer ketika berpergian untuk mencegah terinfeksi virus corona Covid-19.

Tapi, para dokter di Inggris telah mengeluarkan peringatan bahwa penggunaan hand sanitizer di bawah sinar matahari bisa berbahaya.

Dokter di Zava UK mengatakan beberapa hand sanitizer gel berbasis alkohol bisa bereaksi dengan sinar matahari yang menyebabkan luka bakar menyakitkan.

"Jika Anda akan menghabiskan waktu lama di bawah sinar matahari langsung, memakai hand sanitizer gel berbasis alkohol bisa berisiko menyebabkan kerusakan kulit," jelas Dr Simran Deo dikutip dari Mirror UK.

Baca Juga: Alami Gejala Virus Corona Covid-19, Ternyata Remaja Ini Idap Kanker!

Meskipun penyebabkan rekasi ini belum jelas, tapi ada informasi bahwa alcogels bisa memperburuk eksim, seperti halnya paparan sinar matahari.

Ilustrasi hand sanitizer. [Shutterstock]
Ilustrasi hand sanitizer. [Shutterstock]

Saat penderita menggaruk eksim atau kulitnya yang melepuh setelah penggunaan hand sanitizer gel alkohol berulang-ulang. Kondisi ini bisa menyebabkan infeksi, terlihat seperti luka bakar ketika memerah.

Sementara itu, membersihkan tangan secara teratur adalah langkah penting dalam melindungi diri dan membatasi penyebaran virus corona Covid-19.

Dr Deo pun menyarakan orang dengan masalah kulit lebih baik membersihkan tangan pakai air dan sabun, jangan memakai hand sanitizer bila memungkinkan.

"Cuci tangan pakai sabun dan air adalah cara paling efektif untuk membersihkan tangan setelah bersentuhan dengan permukaan yang mungkin terkontaminasi virus. Tapi, langkah ini mungkin tidak memungkinkan ketika di luar rumah dan bisa menyebabkan rekasi jika tak memakai pelembab," jleas Dr Deo.

Baca Juga: Pasien Virus Corona 73 Tahun Ini Akhirnya Sembuh Setelah 4 Bulan Dirawat!

Dr Deo pun menyarankan seseorang memakai sarung tangan untuk mengurangi risiko luka bakar dan lepuh sebagai alternatif.

Komentar