Waspada Kanker Kulit Melanoma, Perubahan Kecil Ini Bisa Jadi Gejala Awalnya

Irwan Febri Rialdi | Shevinna Putti Anggraeni
Waspada Kanker Kulit Melanoma, Perubahan Kecil Ini Bisa Jadi Gejala Awalnya
Ilustrasi kanker kulit (pexels/jenna hamra)

Perubahan kecil di kulit yang terlihat seperti lesi bisa menjadi tanda awal kanker kulit melanoma.

Suara.com - Saat matahari sedang terik atau gelombang panas tinggi, kulit bisa mengalami kerusakan cukup parah. Kulit dapat terkena sinar berbahaya yang menciptakan kerusakan tak terduga.

Perawat Vanessa Charest dari London Real Skin pun menjelaskan semua hal yang berkaitan dengan kulit dan gejala terbesar yang dapat mendeteksi peringatan melanoma.

Vanessa Charest menyarankan semua orang untuk memperhatikan bila muncul lesi baru yang mencurigakan atau terlihat berbentuk dan berwarna tidak normal pada kulit.

Artinya, seseorang harus segera mencari bantuan media untuk mendeteksi lesi itu tanda melanoma ganas atau tidak. Pasalnya, melanoma adalah suatu jenis kanker kulit yang bisa mengancam jiwa jika tak terdeteksi pada tahap awal.

"Waspadalah dengan perubahan ukuran bentuk, warna atau elevasi suatu bintik pada kulit, gejala baru di dalamnya, seperti pendarahan, gatal atau pengerasan kulit yang bisa jadi tanda peringatan melanoma," ujar Vanessa Charest dikutip dari Express.

Ilustrasi Matahari. [Shutterstock]
Ilustrasi Matahari. [Shutterstock]

Dalam hal mengurangi risiko kerusakan akibat sinar matahari, Vanessa Charest menyarankan Anda menggunakan bahan aktif untuk mengembalikan kerusakan atau membantu memperbaiki kerusakan.

"Ini termasuk produk yang mengandung vitamin C, tretinoin dan asam glikolat," jelasnya.

Makanan untuk melindungi kulit dari kerusakan matahari

Vanessa Charest mengatakan makanan kaya antioksidan dan vitamin C adalah yang terbaik seperti blueberry. Bahan-bahan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit akibat paparan sinar matahari dan stres.

Bahkan blueberry lebih kuat bila berasal dari varietas liar. Blueberry juga sumber vitamin C sangat baik yang membantu mencegah keriput sejak seharian di pantai.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS