Studi: Makan Sayur hingga Berhenti Merokok Bisa Tangkal Masalah Ginjal

Irwan Febri Rialdi | Fita Nofiana
Studi: Makan Sayur hingga Berhenti Merokok Bisa Tangkal Masalah Ginjal
Ilustrasi masalah ginjal

Masalah ginjal khususnya penyakit ginjal kronis bisa ditangkal dengan berbagai gaya hidup tertentu.

Suara.com - Gaya hidup sehat memiliki pengaruh positif pada penurunan risiko penyakit ginjal kronis. Berbagai gaya hidup yang disarankan adalah rutin berolahraga, makan sayuran, dan berhenti merokok. 

Melansir dari Science Daily, sebuah penelitian yang disusun oleh para peneliti Karolinska Institute di Swedia dan Griffith University di Australia menyatakan bahwa perubahan gaya hidup tertentu bisa mencegah penyakit ginjal kronis. 

Penelitian ini telah diterbitkan dalam The Journal of the American Society of Nephrology. Studi tersebut melibatkan lebih dari 2,5 juta orang sehat dari 16 negara. 

"Kami menemukan bahwa gaya hidup memainkan peran besar dalam mengurangi risiko terkena penyakit ginjal kronis," kata Dr Jaimon Kelly, seorang peneliti postdoctoral di Griffith University.

Dalam hal ini, para peneliti menyarankan untuk memakan makanan yang berbasis nabati, perbanyak asupan kalium tinggi, olahraga, kurangi konsumsi alkohol, kurangi garam, dan berhenti merokok. Beberapa rekomendasi tersebut dapat mengurangi risiko penyakit ginjal kronis antara 14 hingga 22 persen.

Ilustrasi sayur mentah, lalapan. (Shutterstock)
Ilustrasi sayur mentah, lalapan. (Shutterstock)

"Studi ini adalah bukti terbaik yang kami miliki tentang pilihan gaya hidup yang dapat membantu mencegah penyakit ginjal," kata Juan Jesus Carrero, profesor epidemiologi di Departemen Epidemiologi Medis  dan Biostatistik, Karolinska Institutet.

"Hasilnya dapat digunakan dalam pengembangan rekomendasi kesehatan masyarakat," imbuhnya. 

Masalah ginjal kronis sediri setidaknya telah menyerang sekitar 10 persen populasi dunia. Pada 2017, lebih dari 1,2 juta orang diperkirakan meninggal akibat penyakit ginjal dan 1,4 juta orang mengalami komplikasi kardiovaskular yang disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS