Studi: Vitamin D Menurunkan Risiko Vertigo yang Sering Kambuh

Angga Roni Priambodo, Fita Nofiana

Sabtu, 12 September 2020 | 18:15 WIB
Studi: Vitamin D Menurunkan Risiko Vertigo yang Sering Kambuh
Ilustrasi perempuan dengan keluhan vertigo. (Shutterstock)

Suara.com - Mengkonsumsi vitamin D dan kalsium dua kali sehari dapat mengurangi kemungkinan Anda terkena vertigo. Hal ini dinyatakan oleh  sebuah penelitian yang diterbitkan pada di Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology edisi online.

"Studi kami menunjukkan bahwa bagi orang dengan vertigo posisi paroksismal jinak, mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium adalah cara sederhana dan berisiko rendah untuk mencegah vertigo berulang," kata Ji-Soo Kim, MD, Ph.D., dari Sekolah Tinggi Kedokteran Universitas Nasional Seoul di Korea seperti yang dikutip dari Science Daily. 

"Ini sangat efektif jika Anda memiliki kadar vitamin D yang rendah," imbuhnya. 

Melansir dari Science Daily, vertigo posisi paroksismal jinak terjadi ketika perubahan posisi kepala membuat Anda merasa ada sensasi berputar tiba-tiba. Kondisi ini adalah salah satu jenis vertigo yang paling umum. 

Sekitar 86 persen orang dengan bentuk vertigo ini menytakan bahwa keluhan mereka telah mengganggu kehidupan sehari-hari. 

Studi ini mengamati 957 orang di Korea dengan vertigo posisi paroksismal jinak yang berhasil diobati dengan gerakan kepala.  Hasilnya peserta yang diberi suplemen memiliki tingkat kekambuhan yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang tidak diberi vitamin D.

Orang yang mengonsumsi suplemen memiliki penurunan tingkat kekambuhan hingga 24 persen dalam setahun. 

Ilustrasi suplemen vitamin D. (Shutterstock)
Ilustrasi suplemen vitamin D. (Shutterstock)

"Hasil kami sangat menarik karena sejauh ini, pergi ke dokter untuk meminta mereka melakukan gerakan kepala telah menjadi cara utama  mengobati vertigo posisi paroksismal jinak," kata Kim. 

"Studi kami menunjukkan pengobatan yang tidak mahal dan berisiko rendah seperti vitamin D dan tablet kalsium juga mungkin efektif untuk mencegah gangguan yang umum dan sering kambuh ini," imbuhnya. 

baca juga

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Dokter Fauci Konsumsi Vitamin C dan D selama Pandemi, Apa Manfaatnya?

Dokter Fauci Konsumsi Vitamin C dan D selama Pandemi, Apa Manfaatnya?

Health | Sabtu, 12 September 2020 | 14:04 WIB

Waspada, Nyeri Otot hingga Punggung Bisa Jadi Tanda Kekurangan Vitamin D

Waspada, Nyeri Otot hingga Punggung Bisa Jadi Tanda Kekurangan Vitamin D

Health | Rabu, 09 September 2020 | 20:29 WIB

Orang Kekurangan VItamin D Lebih Berisiko Terkena Covid-19

Orang Kekurangan VItamin D Lebih Berisiko Terkena Covid-19

Jabar | Minggu, 06 September 2020 | 10:55 WIB

Terkini

Mensesneg Nyatakan Kesiagaan Penuh Pascagempa Bumi NTT

Mensesneg Nyatakan Kesiagaan Penuh Pascagempa Bumi NTT

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:14 WIB

Basarnas Evakuasi 3 Korban Reruntuhan Bangunan Akibat Gempa Bumi NTT di Maumere

Basarnas Evakuasi 3 Korban Reruntuhan Bangunan Akibat Gempa Bumi NTT di Maumere

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:02 WIB

Bukannya Jarah Isi Rumah, Pria di Bandar Lampung Ini Malah Angkut Pagar Milik Warga

Bukannya Jarah Isi Rumah, Pria di Bandar Lampung Ini Malah Angkut Pagar Milik Warga

Lampung | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:02 WIB

Chiikawa The Movie Sukses Raup 6 Miliar Yen, Tayang di Indonesia 28 Agustus

Chiikawa The Movie Sukses Raup 6 Miliar Yen, Tayang di Indonesia 28 Agustus

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:00 WIB

HUT ke-81 RI dan Merdeka dari FOMO: Saatnya Berhenti Mengikuti Semua Tren!

HUT ke-81 RI dan Merdeka dari FOMO: Saatnya Berhenti Mengikuti Semua Tren!

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:56 WIB

Muhammad Kiandra Ramadhipa Berbagi Inspirasi di Purwokerto Jelang AHDC 2026

Muhammad Kiandra Ramadhipa Berbagi Inspirasi di Purwokerto Jelang AHDC 2026

Otomotif | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:54 WIB

Peringatan Dini Tsunami Gempa Bumi NTT M 7,7 Dicabut

Peringatan Dini Tsunami Gempa Bumi NTT M 7,7 Dicabut

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:53 WIB

Legislator PDIP Tantang Calon Hakim Agung Bereskan Kasus Terbengkalai dan Pangkas Birokrasi MA

Legislator PDIP Tantang Calon Hakim Agung Bereskan Kasus Terbengkalai dan Pangkas Birokrasi MA

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:49 WIB

2 Orang Meninggal usai Gempa Bumi NTT di Pelabuhan El Say Sikka

2 Orang Meninggal usai Gempa Bumi NTT di Pelabuhan El Say Sikka

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:46 WIB

Dinding Gudang Bulog Jebol Akibat Gempa M 7,7 Nagekeo NTT, Stok Beras di Bima Berhamburan

Dinding Gudang Bulog Jebol Akibat Gempa M 7,7 Nagekeo NTT, Stok Beras di Bima Berhamburan

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:40 WIB

×