Suplemen Rhea Health Tone Ramai Diperbincangkan, Benar Bisa Cegah Covid-19?

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Suplemen Rhea Health Tone Ramai Diperbincangkan, Benar Bisa Cegah Covid-19?
Suplemen Rhea Health Tone disebut ampuh cegah virus Corona Covid-19. (Dok. Instagram.Eko P Sandjojo)

Suplemen Rhea Health Tone (RHT) menjadi buah bibir masyarakat Indonesia, setelah disebut ampuh menangkal virus corona penyebab Covid-19. Benarkah demikian?

Suara.com - Suplemen Rhea Health Tone (RHT) menjadi buah bibir masyarakat Indonesia, setelah disebut ampuh menangkal virus corona penyebab Covid-19. Benarkah demikian?

Dibuat oleh perusahaan farmasi Rhea Pharmaceutical, di mana mantan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo menjadi salah satu pemegang sahamnya, RHT disebut membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Saat berbicang dengan Suara.com, Kamis (17/9/2020) hal pertama yang Eko pertegas, RHT bukanlah obat Covid-19. Ia mengatakan RHT adalah suplemen yang bekerja sebagai imunomodulator yang memodifikasi sistem imun untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"RHT sebenarnya suplemen yang didesain bukan untuk Covid-19 tapi didesain untuk kesehatan, jadi dia bisa membantu tekanan darah mencegah penyumbatan pembuluh darah, antioksidannya bisa mencegah potensi cancer," ujar Eko.

Menurut Eko RHT, bekerja dengan memperkuat sel ACE 2 di tubuh manusia, sebagai reseptor atau pintu masuk virus atau bakteri yang menginfeksi manusia.

Sama seperti Covid-19 yang masuk ke tubuh manusia melalui ACE 2 resptor yang ada di saluran pernapasan.

"Kebetulan Covid-19 masuknya lewat ACE 2, karena ACE 2 diperkuat, Covid-19 nggak bisa masuk akhirnya dia mati sendiri," jelas Eko.

Sudah Diuji dengan Virus Corona Serupa SARS-CoV-2

Suplemen ini kata Eko sudah menjalani uji coba sejak Maret 2020 di University of Texas, Amerika Serikat. Meski bukan SARS CoV 2, namun ia mengklaim RHT sudah diuji terhadap virus yang serupa yakni infectious bronchitis virus (IBV) dan berhasil bekerja.

"Corona IBV ini secara PCR mirip Covid-19, berhasil, kemudian dibantu oleh perusahaan sains Singapura, kita melakukan uji in vitro terhadap Covid-19 di University of Texas dan berhasil, itu bagian dari phase 1 clinical trial kita," terang Eko.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS