Jaga Kesehatan Lansia Saat Pandemi, Sediakan 3 Alat Kesehatan Ini di Rumah

Vania Rossa | Lilis Varwati
Jaga Kesehatan Lansia Saat Pandemi, Sediakan 3 Alat Kesehatan Ini di Rumah
Ilustrasi alat pengukur tensi darah. (Shutterstock)

Tujuannya, agar lansia tak perlu bolak-balik ke rumah sakit.

Suara.com - Cek kesehatan rutin di rumah sakit biasanya dilakukan terutama oleh lansia yang memiliki penyakit tertentu. Namun, saat pandemi Covid-19 ini, fasilitas layanan kesehatan jadi tempat yang dihindari banyak orang karena khawatir paparan virus corona.

Untuk memastikan kondisi kesehatan lansia tetap terjaga, sejumlah tes kesehatan sebenarnya bisa dilakukan mandiri dari rumah. Dokter spesialis penyakit dalam dr. Adiatmo Pratomo Sp.Pd., menyarankan agar keluarga yang tinggal bersama lansia sebaiknya memiliki beberapa alat tes kesehatan.

"Sebaiknya pakai tensimeter, karena lansia umumnya memiliki gangguan vaskuler. Itu terjadi karena kekakuan pembuluh darah tidak seelastis saat muda. Jadi menyebabkan darah tinggi," kata Adit dalam siaran langsung bersama Instagram Radio Kesehatan, Senin (21/9/2020).

Selain itu, ia juga menyarankan untuk memiliki alat pengukur gula darah, terutama jika lansia pengidap sakit diabetes melitus. Kemudian alat tes kesehatan ketiga yang perlu dimiliki adalah oksimetri. Gunanya untuk screening saturasi oksigen dalam darah, demikian dikatakan dokter RSPI Sulianti Saroso Jakarta itu.

Baca Juga: Rekor Dunia! 80.000 Centenarian Hidup di Jepang Saat Ini

Lansia termasuk kelompok yang rentan terpapar virus corona. Oleh karena itu, Adit mengingatkan agar lansia tidak terlalu sering keluar rumah. Kalau pun terpaksa ke luar rumah, harus benar-benar mematuhi protokol kesehatan.

"Kalau ada kegiatan, tetap pakai masker, face shield. Setelah pulang, langsung cuci tangan, sebaiknya baju yag digunakan langsung dicuci," tuturnya.

Adit menyampaikan, lansia sebaiknya dibawa ke rumah sakit hanya pada kondisi tertentu atau mengalami gangguan kesehatan.

"Kalau terdapat gangguan BAB, gangguan buang air kecil, malas makan, malas minum, sebaiknya mulai diwaspadai. Kedua, obat-obatan diberikan sesuai dosis. Meskipun pandemi, yang penting adalah vitamin C dan E," ujarnya.

Baca Juga: Dokter Saraf: Pikun Pada Lansia Bukan Hal yang Normal

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS