alexametrics

Olahraga Sore atau Pagi, Mana yang Lebih Baik untuk Turunkan Berat Badan?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Olahraga Sore atau Pagi, Mana yang Lebih Baik untuk Turunkan Berat Badan?
Ilustrasi olahraga (Pixabay/Klimkin)

Waktu olahraga nyatanya juga berpengaruh dalam membantu menurunkan berat badan.

Suara.com - Olahraga pada umumnya memang bisa menyehatkan tubuh secara keseluruhan, termasuk membantu menurunkan berat badan. Selain intensitas dan frekuensi, waktu olahraga juga harus diperhatikan.

Lalu, mana yang lebih baik antara olahraga pagi atau sore?

Melansir dari Times of India, beberapa peneliti menunjukkan bahwa berolahraga pada sore atau malam hari lebih mungkin efektif dalam membantu menurunkan berat badan daripada berolahraga di pagi hari. 

Sebuah tinjauan terhadap dua penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara jam tubuh dan aktivitas fisik yang dilakukan. Tinjaun ini menyimpulkan bahwa olahraga di malam hari lebih produktif daripada pagi hari. 

Baca Juga: Unik! Cara Baru Menurunkan Berat Badan dengan Main Game

Olahraga jogging (Shutterstock)
Olahraga jogging (Shutterstock)

Penelitian ini menunjukkan bahwa saat malam hari, konsumsi oksigen lebih rendah sehingga bisa meningkatkan kinerja tubuh dan menurunkan berat badan lebih cepat. Studi ini juga menemukan bahwa protein yang dikenal sebagai HIF-1a yang memiliki peran penting dalam penurunan berat badan akan aktif tergantung waktu olahraga. 

Menurut American Council on Exercise, tingkat kinerja tubuh lebih baik di sore atau malam hari karena otot tertekuk dan mulai hangat. Selain itu, tingkat pengerahan tenaga juga lebih rendah sehingga kekuatan tubuh lebih optimal, detak jantung, dan tekanan darah tetap terkendali.

Ada bukti yang mendukung klaim bahwa berolahraga di malam hari lebih baik daripada berolahraga di pagi hari untuk menurunkan berat badan. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin berolahraga di sore atau malam hari, antara lain:

  • Berolahragalah 4 hingga 5 jam sebelum tidur, jika tidak maka Anda akan sulit tidur di malam hari.
  • Konsumsi makan makanan sehat sebelum berolahraga. Tubuh Anda membutuhkan energi untuk melakukan olahraga berat.
  • Lakukan berbagai jenis olahraga seperti latihan kekuatan, latihan beban tubuh, dan kardio.

Perlu diperhatikan bahwa hanya berolahraga tidak akan membantu Anda menurunkan berat badan. Pola makan yang sehat dan bergizi juga perlu diterapkan. 

Baca Juga: Jangan Minum Teh Hijau di Sembarang Waktu, Ketahui Efeknya!