alexametrics

Kuku Bisa Deteksi Radang Sendi hingga Anemia, Begini 5 Cirinya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Kuku Bisa Deteksi Radang Sendi hingga Anemia, Begini 5 Cirinya!
Ilustrasi Kuku. (Shutterstock)

Kondisi kuku bisa menggambarkan masalah kesehatan yang sedang diderita oleh seseorang, termasuk anemia hingga radang sendi.

Suara.com - Ada banyak tanda-tanda masalah kesehatan yang bisa kita lihat dari bagian tubuh tertentu. Tanda-tanda ini mestinya bisa mencegah kondisi yang lebih serius jika diketahui sejak awal.

Misalnya, masalah jerawat yang bisa menjadi tanda diet atau pola makan tidak baik. Atau lingkaran hitam di bawah mata yang bisa menjadi tanda seseorang kelelahan atau kurang tidur.

Sayangnya, banyak orang mungkin belum paham kalau kuku bisa menggambarkan masalah kesehatan tertentu.

Seorang ahli gizi telah mengungkapkan beberapa kondisi kuku yang bisa menggambarkan adanya masalah kesehatan.

Baca Juga: Pemerintah Inggris Akan Beri Virus Corona Penyebab Covid-19 ke Orang Sehat

Fiona Tuck, dari Australia mengatakan ada beberapa tanda berbeda pada kuku yang bisa mengungkapkan kondisi buruk di tubuh. Berikut ini dilansir dari The Sun, tanda-tanda yang perlu Anda waspadai.

Ilustrasi kuku. (Pixabay)
Ilustrasi kuku. (Pixabay)

1. Bintik putih

Banyak orang percaya bahwa bintik putih adalah tanda kekurangan kalsium. Fiona juga mengatakan bintik putih atau garis putih di kuku bisa menjadi tanda seseorang tidak mendapat cukup seng atau kalsium.

Tapi, Tracey Winder, pelatih nasional Mavala menambahkan bahwa bintik putih bisa juga disebabkan oleh gelembung udara kecil yang terjebak di antara sela-sela kuku.

Kondisi itu bisa juga disebabkan oleh faktor lain, seperti nutrisi jaringan yang buruk, keratinisasi yang buruk dan trauma dari manikur yang terlalu kasar.

Baca Juga: Ahli Inggris: Face Shield 100 Persen Tak Bantu Cegah Virus Corona Covid-19!

2. Kuku pucat atau biru

Komentar