Selain Kurang Tidur, Kebiasaan Ini Picu Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah
Selain Kurang Tidur, Kebiasaan Ini Picu Lingkaran Hitam di Bawah Mata
Ilustrasi lingkaran hitam di bawah mata (Shutterstock)

Gaya hidup tidak sehat dan kebiasaan kulit tertentu juga dapat membentuk lingkaran hitam di bawah mata.

Suara.com - Kulit di bawah mata adalah salah satu area paling halus di tubuh manusia. Kulit ini juga tidak memiliki kelenjar minyak, dan itu membuatnya sangat rentan terhadap lingkaran hitam.

Beberapa faktor dapat menjadi penyebabnya, termasuk keturunan, penuaan, stres mental atau fisik, perubahan hormonal, kekurangan nutrisi dan kurang tidur.

Terlalu banyak paparan sinar matahari pun dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit yang juga merupakan penyebab lingkaran hitam.

Seiring bertambahnya usia, kulit juga menjadi lebih tipis dan kehilangan lemak dan kolagen. Ini membuat pembuluh darah biru kemerahan di bawah mata terlihat lebih jelas.

Baca Juga: Ahli Amerika Temukan Air Mata Bisa Tularkan Virus Corona, ini Buktinya!

Selain faktor-faktor di atas, gaya hidup tidak sehat dan kebiasaan kulit tertentu juga dapat membentuk lingkaran hitam di bawah mata. Dilansir The Health Site, berikut beberapa di antaranya.

Samarkan mata panda. (shutterstock)
Ilustrasi mata panda (shutterstock)

1. Tidak cukup tidur

Tidur nyenyak penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk mata dan kulit. Kurang tidur dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk dan menyebabkan munculnya lingkaran hitam.

2. Tidak menghapus riasan mata

Jika tidak menghapus riasan mata setiap hari, ini dapat mulai menumpuk dan mengubah warna area di bawah mata. Jadi, pastikan menghapusnya sebelum tidur setiap hari.

Baca Juga: Cerita Saksi Mata Lihat Antrean Ambulans di Wisma Atlet

3. Tidak konsumsi cairan yang cukup

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS