Wanita Hamil dan Lansia Jangan Makan Daging Beku, ini Bahayanya!

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Wanita Hamil dan Lansia Jangan Makan Daging Beku, ini Bahayanya!
Ilustrasi daging (Pixabay/SvenHilker)

Dokter memeringatkan wanita hamil dan lansia jangan mengonsumsi daging beku, meskipun sudah diolah baik.

Suara.com - Ada banyak jenis makanan yang harusnya dihindari oleh wanita hamil dan orang lanjut usia atau lansia, salah satunya daging beku.

Larangan ini muncul setelah wabah listeriosis yang menewaskan satu orang dan 9 orang lainnya di rumah sakit di tiga negara bagian di Amerika.

Saat ini sumber pastinya masih belum diketahui. Tapi, pejabat kesehatan AS menyarankan mereka yang hamil, orang berusia 65 tahun ke atas atau memiliki sistem kekebalan lebih tidak mengonsumsi daging yang dibekukan.

Listeriosis adalah infeksi langka yang disebabkan oleh bakteri listeria, yang bisa hidup di suhu lemari es. Makanan tertentu sering kali bisa terkontaminasi, termasuk daging olahan seperti salami dan keju yang dibuat dari susu tanpa dipasteurisasi.

Baca Juga: Alhamdulillah 7 Hari Diisolasi, Anak 2 Tahun di Bintan Sembuh Virus Corona

Dalam beberapa tahun terakhir, wabah listeria juga dikaitkan dengan selada dan hasil bumi lainnya. Bagi kebanyakan orang, kondisi ini bisa menyebabkan gejala ringan tapi tidak menyenangkan seperti demam, menggigil, nyeri, mual dan diare.

Ilustrasi daging (Pixabay/RitaE)
Ilustrasi daging (Pixabay/RitaE)

Biasanya kondisi ini akan mereda dalam beberapa hari meski dirawat di rumah. Tapi, kondisi ini bisa menjadi lebih serius dan mematikan pada orang yang berisiko tinggi.

Wanita hamil yang terinfeksi listeria lebih mungkin mengalami keguguran dan lahir mati atau bayi mungkin meninggal setelah lahir.

Orang tua atau orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah, seperti orang yang menjadi kemoterapi atau penderita HIV juga berisiko terkena penyakit serius.

NHS dilansir dari The Sun, pun menyebutkan makanan yang harusnya dihindari oleh wanita hamil karena berisiko tinggi menyebabkan listeriosis, antara lain:

Baca Juga: Positif Virus Corona, Wanita Ini Rasakan Tubuhnya Sakit saat Terkena Air

1. Beberapa keju lembut mentah
2. Semua jenis pate, termasuk pate sayuran
3. Susu atau produk susu yang tidak dipasteurisasi
4. Konsumsi makanan setengah matang

Komentar