alexametrics

Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Ini 5 Manfaat Tanaman Bratawali!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Ini 5 Manfaat Tanaman Bratawali!
Tanaman giloy, bratawali (Pixabay/Tanuj_handa)

Tanaman bratawali atau giloy bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Suara.com - Saat pandemi virus corona Covid-19, India telah menggunakan tanaman giloy sebagai penguat kekebalan tubuh. Karena, ramuan obat ini dinilai sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh.

Giloy atau tanaman bratawali sudah lama digunakan sebagai ramuan pengobatan alami. Khasiat obat dalam tanaman bratawali ini telah terbukti melimpah.

Melansir dari India Times, Sabtu (30/10), berikut manfaat tanaman bratawali yang biasa digunakan sebagai ramuan obat alami.

Giloy, tanaman bratawali (Pixabay/SandeepHanda)
Giloy, tanaman bratawali (Pixabay/SandeepHanda)

1. Meningkatkan kekebalan

Baca Juga: Studi: Pria Tua Sembuh dari Virus Corona Punya Plasma Terbaik untuk Obat

Tanaman bratawali dianggap sebagai ramuan yang paling efektif dan serbaguna untuk banyak masalah kesehatan. Tanaman ini membantu dalam memperkuat kekebalan daya tahan tubuh dan memiliki senyawa alkoloid serta lakton yang aktif secara biologis.

Karena, ramuan ini bisa menyeimbangkan kadar gula darah dan mendetoksifikasi tubuh. Beginilah cara tanaman bratawali membantu tubuh meningkatkan energi dan kekebalan daya tahan tubuh.

2. Mengurangi stres

Stres salah satu kondisi yang bisa memicu sejumlah masalah kesehatan. Dalam hal ini, tanaman bratawali bisa membantu membuang racun dan menenangkan pikiran. Ramuan dari bratawali bisa mengurangi tingkat stres dan menjaga kesehatan.

3. Arthritis

Baca Juga: Epidemiolog: Liburan Tak Bahaya, Masyarakat dan Virus Corona Bahagia!

Bratawali mengandung sifat anti-rematik yang membantu mengobati radang sendi dan memiliki beberapa manfaat lainnya. Gejala utama yang terlihat pada penderita arthritis adalah rasa kaku dan semakin parah seiring bertambahnya usia.

Komentar