alexametrics

Kenapa Pria Sering Ereksi di Pagi Hari? Ternyata Ini Penyebabnya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Kenapa Pria Sering Ereksi di Pagi Hari? Ternyata Ini Penyebabnya!
Ilustrasi ereksi (Pixabay/derneumann)

Beberapa pria mungkin sering mengalami ereksi di pagi hari yang penyebabnya tidak berhubungan dengan gairah seksual.

Suara.com - Jika Anda pria, Anda pasti pernah mengalami ereksi di pagi hari. Istilah medis kondisi ini adalah tumor penis nokturnal atau ereksi nokturnal.

Nocturnal penile tumescence (NPT) bukanlah akibat dari gairah seksual atau mimpi berhubungan seks. Kondisi ini adalah bukti fungsi normal dari sistem reproduksi pria.

Faktanya dilansir dari Medical News Today, kondisi ini adalah tanda bahwa saraf dan suplai darah ke penis sehat.

Jika seorang pria tidak memiliki NPT secara teratur, hal itu bisa mengindikasikan masalah kesehatan seperti disfungsi ereksi (DE). Selain itu, tak memiliki NPT yang teratur juga bisa menunjukkan masalah lain pada saraf atau suplai darah ke organ reproduksi pria.

Baca Juga: Dokter Spesialis Jantung: Hindari Merokok Selama Pandemi!

Ketidakseimbangan hormon, seperti penurunan testosteron juga bisa memengaruhi seberapa sering pria mengalami NPT. Kurangnya NPT teratur terkadang bisa disebabkan oleh kualitas tidur yang kurang.

Ilustrasi berhubungan seks (Elements Envato)
Ilustrasi berhubungan seks (Elements Envato)

Penyebab ereksi di pagi hari

NPT bukanlah ereksi yang khas karena tidak terkait dengan pikiran, mimpi atau rangsangan seksual. Kondisi ini hanyalah hasil dari siklus tidur, dikombinasikan dengan saraf yang sehat dan aliran darah di tubuh.

NPT cenderung terjadi ketika seseorang berada dalam fase tidur rapid eye movement (REM). Tidur REM bisa terjadi beberapa kali selama siklus tidur 8 jam.

Ereksi bisa hilang dengan sendirinya saat seseorang tidur lebih nyenyak. Dengan demikian, seseorang mungkin mengalami ereksi beberapa kali di malam hari tapi mungkin tidak menyadarinya.

Baca Juga: Virus Corona Tingkatkan Masalah Kejiwaan, Warna Urine Tanda Kanker Prostat

Kebanyakan pria terbangun di akhir siklus tidur REM yang mungkin menyebabkan ereksi di pagi hari. Selain itu, kadar testosteron cenderung meningkat di pagi hari.

Ereksi yang disebabkan oleh NPT mungkin secara fisik berbeda dari kondisi yang disebabkan oleh gairah. Satu studi menemukan bahwa beberapa pria mengalami nyeri saat mereka mendapat NPT, tapi tidak saat mereka mengalami ereksi biasa.

Komentar